Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa MI Miftahul Ulum 02 Tembalang tahun 2012/2013
Ningrum, Arie (2013) Pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa MI Miftahul Ulum 02 Tembalang tahun 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111124_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (968kB) | Preview
093111124_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
093111124_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (114kB) | Preview
093111124_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (32kB) | Preview
093111124_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (73kB) | Preview
093111124_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
093111124_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar siswa MI Miftahul Ulum 02 Tembalang Semarang.
Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Lapangan (Field Research) pada siswa MI Miftahul Ulum 02 Tembalang. Dari hasil observasi, dapat diketahui bahwa motivasi belajar siswa MI Miftahul Ulum 02 Tembalang dalam tingkat rendah. Hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran itu berlangsung. Selama proses pembelajaran, beberapa dari siswa didik tersebut tidak memperhatikan penjelasan materi yang diberikan oleh guru dan ada juga yang melakukan aktivitas yang lain, seperti mengantuk, mengobrol dengan teman bahkan ada yang mengerjakan tugas mata pelajaran yang lain. Semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran menggambarkan motivasi yang dimiliki siswa. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas III, IV, V dan VI MI Miftahul Ulum 02 dengan populasi 139 siswa diambil sampel sebanyak 40 siswa.
Setelah dilaksanakan pemberian Reward dan Punishment terhadap 40 siswa tersebut ditemukan hasil bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari tingkat motivasi belajar siswa di MI Miftahul Ulum 02 Tembalang yaitu 12,5% yang berada pada interval 51-62 termasuk tingkatan sangat baik (A), 60% yang berada pada interval 39-50 termasuk tingkatan baik (B) dan 27,5% yang berada pada interval 27-38 termasuk tingkatan cukup (C). Adapun tingkat pengaruh Reward dan Punishment terhadap motivasi belajar siswa yaitu 10% yang berada pada interval 51-62 termasuk tingkatan sangat baik (A), 77,5% yang berada pada interval 39-50 termasuk tingkatan baik (B) dan 12,5% yang berada pada interval 27-38 termasuk tingkatan cukup (C). Dari hasil analisa statistik bahwa Phi ( Ø ) sebesar 0,342, berada di atas angka penolakan taraf signifikan 5% yaitu 0,320 dan di bawah taraf signifikan 1% sebesar 0,413. Jadi hipotesa yang diajukan kurang dapat diterima kebenarannya atau dengan perkataan lain pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa di MI Miftahul Ulum 02 Tembalang tergolong kategori rendah.
Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (siswa, guru dan orang tua) bahwa dengan pemberian Reward dan Punishment belum tentu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reward dan Punishment; Motivasi Belajar; Strategi Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 26 Feb 2014 08:22 |
Last Modified: | 26 Feb 2014 08:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/1574 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year