Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap prestasi belajar kognitif mata pelajaran Al-qur’an Hadis siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang

Adawiyah, Nur Alfia (2022) Pengaruh penggunaan media flashcard terhadap prestasi belajar kognitif mata pelajaran Al-qur’an Hadis siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1803096035_Nur_Alfia_Adawiyah] Text (Skripsi_1803096035_Nur_Alfia_Adawiyah)
Skripsi_1803096035_Nur_Alfia_Adawiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Pelajaran Al-Qur’an Hadits dianggap pembelajaran yang membosankan dan dianggap beban oleh siswa, karena sebagian siswa masih ada yang belum lancar membaca Al-Qur’an, dan hal ini tentu menyulitkan mereka dalam mengartikan, menghafal, dan memahaminya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media flashcard terhadap prestasi belajar kognitif siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan. Jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode pre eksperimental dengan rancangan one-group pretest-posttest design. Sampel seluruh siswa kelas III Utsman bin Affan MI Darul Ulum yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi.
Berdasarkan uji t dalam taraf signifikansi 5 % diperoleh hasil thitung (11,5773) > ttabel (1,9966), yang berarti bahwa H0 ditolak atau terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran penggunaan media flashcard berpengaruh terhadap prestasi belajar kognitif mata pelajaran al-Qur’an Hadis siswa kelas III MI Darul Ulum Ngaliyan Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media flashcard; Prestasi belajar kognitif; Mata pelajaran al-Qur’an Hadis; MI Darul Ulum
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Erica Visiyam
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:52
Last Modified: 24 Nov 2022 03:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18033

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics