Efektivitas metode pembelajaran flipped learning melalui aplikasi edmodo untuk meningkatkan penalaran matematis dan kemandirian belajar pada materi barisan dan deret
Khardita, Deby Ashri (2022) Efektivitas metode pembelajaran flipped learning melalui aplikasi edmodo untuk meningkatkan penalaran matematis dan kemandirian belajar pada materi barisan dan deret. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808056035_Deby_Ashri_Khardita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penalaran matematis dan kemandirian belajar pada materi barisan dan deret dengan menggunakan metode pembelajaran flipped learning melalui aplikasi edmodo dikelas XI MIPA SMAN 01 Musi Rawas dengan jumlah 100 siswa. Berdasarkan hasil uji paired sample T-test penalaran matematis dan kemandirian belajar sama-sama mempunyai nilai p-value sebesar 0,000 artinya kelompok eksperimen dan kelompok kontrol < 0.05, maka Ho ditolak dan H1 diterima. Dapat diartikan bahwa terdapat hubungan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan berdasarkan uji n-gain rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol maka dapat disimpulkan bahwa metode Pembelajaran Flipped Learning melalui Aplikasi Edmodo pada penalaran matematis dan kemandirian belajar materi barisan dan deret lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional ceramah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penalaran matematis; Kemandirian belajar;Pemahaman konsep matematis |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 513 Arithmetic |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Zara Hafidhany |
Date Deposited: | 06 Dec 2022 10:11 |
Last Modified: | 06 Dec 2022 10:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18238 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year