Efektivitas penerapan model steam terintegrasi dengan model PJBL terhadap kreativitas siswa kelas XI pada materi termodinamika

Yahya, Auralia Rasida (2022) Efektivitas penerapan model steam terintegrasi dengan model PJBL terhadap kreativitas siswa kelas XI pada materi termodinamika. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_Lengkap_1808066035_Auralia_Rasida_Yahya] Text (Skripsi_Lengkap_1808066035_Auralia_Rasida_Yahya)
Skripsi_1808066035_Auralia_Rasida_Yahya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa dalam proses pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematic) terintegrasi dengan model PjBL (Project Based Learning) terhadap kreativitas siswa kelas XI pada materi termodinamika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental memakai pola non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. yang diperoleh yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05, Interpretasi uji xilcoxon non parametric yaitu jika nilai Asymp.Sig. < 0,05, maka hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu implementasi model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematic) terintegrasi dengan model PjBL (Project Based Learning) dapat meningkatkan kreativitas siswa materi termodinamika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model STEAM; Model PjBL; Kreativitas Siswa; Termodinamika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat
500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry
600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 621 Applied physics
600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Vania Syifaul
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:14
Last Modified: 07 Dec 2022 03:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18250

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics