Efektivitas penerapan model steam terintegrasi dengan model PJBL terhadap kreativitas siswa kelas XI pada materi termodinamika
Yahya, Auralia Rasida (2022) Efektivitas penerapan model steam terintegrasi dengan model PJBL terhadap kreativitas siswa kelas XI pada materi termodinamika. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1808066035_Auralia_Rasida_Yahya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (19MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kreativitas siswa dalam proses pembelajaran fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematic) terintegrasi dengan model PjBL (Project Based Learning) terhadap kreativitas siswa kelas XI pada materi termodinamika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian quasi experimental memakai pola non-equivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig. yang diperoleh yaitu 0,000 lebih kecil dari 0,05, Interpretasi uji xilcoxon non parametric yaitu jika nilai Asymp.Sig. < 0,05, maka hipotesis diterima. Kesimpulan penelitian ini yaitu implementasi model pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematic) terintegrasi dengan model PjBL (Project Based Learning) dapat meningkatkan kreativitas siswa materi termodinamika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model STEAM; Model PjBL; Kreativitas Siswa; Termodinamika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat 500 Natural sciences and mathematics > 540 Chemistry and allied sciences > 541 Physical and theoretical chemistry 600 Technology (Applied sciences) > 620 Engineering and allied operations > 621 Applied physics 600 Technology (Applied sciences) > 660 Chemical engineering |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Vania Syifaul |
Date Deposited: | 07 Dec 2022 03:14 |
Last Modified: | 07 Dec 2022 03:14 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18250 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year