Efek perbedaan skala sumbu koordinat cartesius terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi aplikasi integral tentu

Romadiastri, Yulia and Shaleh, Minhayati (2020) Efek perbedaan skala sumbu koordinat cartesius terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi aplikasi integral tentu. Project Report. Fakultas Sanis dan Teknologi (SAINTEK), Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan penelitian_Yulia Romadiastri] Text (Laporan penelitian_Yulia Romadiastri)
Laporan Penelitian 2020 Yulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji efek yang ditimbulkan terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada materi Aplikasi Integral Tentu ketika dosen menyajikan permasalahan dengan menggunakan skala yang berbeda pada sumbu X dan sumbu Y. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 76 mahasiswa pendidikan matematika yang mengikuti perkuliahan Kalkulus II. Dalam penelitian ini, 76 orang mahasiswa tersebut diberikan empat buah soal untuk diselesaikan dan selanjutnya dicari skor kemampuan berpikir kritisnya. Dari skor tersebut dipilih 6 orang untuk diwawancara dengan tujuan menggali lebih dalam bagaimana kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada berbagai kategori.
Data dikumpulkan melalui dokumentasi hasil pekerjaan mahasiswa, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan efek pada mahasiswa, yakni mereka memenuhi hampir semua indikator kemampuan berpikir kritis. Selain itu mahasiswa menjadi lebih cermat dan teliti dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan. Hal ini muncul karena masalah yang disajikan pada mahasiswa dikaitkan dengan beberapa konsep pada materi-materi sebelumnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis; Skala; Integral
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:05
Last Modified: 10 Apr 2023 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19644

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics