Pengaruh penguasaan konsep bangun datar terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Nahdlatut Thullab Manggarwetan Godong Grobogan tahun pelajaran 2010/2011
Rohim, Nur (2011) Pengaruh penguasaan konsep bangun datar terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Nahdlatut Thullab Manggarwetan Godong Grobogan tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
63511045_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (1MB) | Preview
63511045_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
63511045_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (136kB) | Preview
63511045_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (92kB) | Preview
63511045_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (118kB) | Preview
63511045_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (22kB) | Preview
63511045_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (19kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) ada tidaknya pengaruh penguasaan konsep bangun datar (X) terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bangun ruang sisi datar (Y); 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penguasaan konsep bangun datar (X) terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bangun ruang sisi datar (Y).
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis noneksperimen. Penelitian ini menggunakan metode korelasi dengan teknik analisis regresi sederhana. Subjek penelitian sebanyak 41 responden, menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen soal untuk menjaring data X dan Y. Instrumen soal sebelum digunakan untuk mendapat data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas, reliabitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda.
Data penelitian terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskripsif. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh yang positif antara penguasaan konsep bangun datar terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bangun ruang sisi datar, ditunjukkan oleh koefisien korelasi (r) 0,33 pada taraf signifikan dan koefisien korelasi parsial (t) 2,184. 2) Hal ini menunjukkan bahwa 10,895% variasi skor hasil penguasaan konsep bangun datar berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bangun ruang sisi datar melalui fungsi taksiran .
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penguasaan konsep bangun datar sebagai materi prasyarat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bangun ruang sisi datar kelas VIII MTs Nahdlatut Thullab Manggarwetan Godong Grobogan tahun pelajaran 2010/2011, dan hasil dari penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi atau para guru terutama dalam memberi dorongan kepada peserta didiknya agar senantiasa menguasai konsep matematika sehingga dapat menyelesaikan soal-soal matematika dengan mudah dan hasil yang diperolehpun bisa maksimal dan memuaskan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soal-soal Matematika; Strategi Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 10 Jun 2014 03:24 |
Last Modified: | 19 Jun 2021 04:41 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2173 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year