Upaya peningkatan minat belajar siswa terhadap Al qur’an dan Hadist dengan menerapkan metode card sort di kelas VII B MTs Al-Hadi Girikusuma Mranggen kabupaten Demak
Santoso, Santoso (2011) Upaya peningkatan minat belajar siswa terhadap Al qur’an dan Hadist dengan menerapkan metode card sort di kelas VII B MTs Al-Hadi Girikusuma Mranggen kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73111562_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
73111562_bab1.pdf - Accepted Version
Download (42kB) | Preview
73111562_bab2.pdf - Accepted Version
Download (88kB) | Preview
73111562_bab3.pdf - Accepted Version
Download (92kB) | Preview
73111562_bab4.pdf - Accepted Version
Download (42kB) | Preview
73111562_bab5.pdf - Accepted Version
Download (12kB) | Preview
73111562_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (55kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam belajar Al Qur’an Hadist dengan penerapan strategi Card Sort di kelas VII B MTs Al-Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Kab. Demak. Manfaat penelitian ini adalah untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar yang berhubungan dengan minat di kelas VII B MTs Al-Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Kab. Demak dan dapat mengetahui langkah yang harus dilakukan oleh seorang guru untuk meningkatkan minat siswa dalam proses belajar mengajar.
Penelitian ini menggunakan metode field research yaitu penelitian yang dilakukan di kancah atau di medan terjadinya gejala dengan teknik analisis diskriptif kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan pendekatan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar al Qur’an dan Hadits pada siswa kelas VII B MTs Al-Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Kab. Demak. meskipun belum optimal tapi sudah dikatakan baik, karena minat adalah sifatnya abstrak. Terbukti di kelas VII B MTs Al-Hadi Girikusuma Banyumeneng Mranggen Kab. Demak dari jumlah siswa 46 anak hanya sebagian kecil siswa yang minatnya kurang dalam belajar al Qur’an dan Hadits dengan alasan latar belakang siswa yang belum lancar membaca ayat / surat al Qur’an.
Upaya yang dilakukan oleh seorang guru mata pelajaran al Qur’an dan Hadits di kelas untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mata pelajaran al Qur’an dan Hadits sudah disesuaikan dengan teori yaitu seorang guru al Qur’an dan Hadits di kelas VII B MTs Al-Hadi berusaha untuk memotivasi, mendorong dan memperhatikan siswa yang kurang berminat dalam belajar al Qur’an dan Hadist. Adapun upaya yang dilakukan yaitu: a). Memberikan materi yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan peserta didik, b). Memvariasikan strategi dan metode, c). Memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mendapatkan hasil yang baik dengan cara memberi atau menciptakan suasana yang menyenangkan sehingga tercapai proses belajar mengajar yang diinginkan.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar; Al Qur’an dan Hadist; Media pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 25 Jun 2014 04:18 |
Last Modified: | 25 Jun 2014 04:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2285 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year