Pengembangan e-LKPD terintegrasi augmented reality pada materi gelombang bunyi dan cahaya untuk mengetahui kemampuan HOTS siswa kelas XI SMA/MA

Zudhiestira, Hernandha Mika (2023) Pengembangan e-LKPD terintegrasi augmented reality pada materi gelombang bunyi dan cahaya untuk mengetahui kemampuan HOTS siswa kelas XI SMA/MA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066031_Hernandha_Mika_Zudhiestira] Text (Skripsi_1908066031_Hernandha_Mika_Zudhiestira)
Skripsi_1908066031_Hernandha_Mika_Zudhiestira.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan produk E-LKPD terintegrasi augmented reality untuk mengetahui kemampuan HOTS siswa kelas XI SMA/MA pada materi gelombang bunyi dan cahaya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation) dengan tujuan mengetahui kelayakan E-LKPD yang dikembangkan, mengetahui respon siswa pada E-LKPD yang dikembangkan, serta mengetahui kemampuan HOTS siswa XI MIPA 3 SMAN 8 Semarang. Penelitian ini dilaksanakan hingga tahap Implementation yaitu uji coba skala kecil sebanyak 36 orang. Penelitian ini memiliki subjek yaitu siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 8 Semarang. Metode penelitian yang diterapkan adalah wawancara, angket, tes dan observasi. E-LKPD terintegrasi augmented reality terdiri dari petunjuk penggunaan, petunjuk penginstalan, tujuan QR code scan, materi pembelajaran, contoh dan latihan soal. Uji kelayakan menghasilkan penjelasan bahwa E-LKPD terintegrasi augmented reality pada materi gelombang bunyi dan cahaya layak diterapkan sebagai bahan ajar pembelajaran dengan perolehan skor rata-rata 78,6% untuk ahli media serta skor rata-rata keseluruhan 80% untuk ahli materi. Hasil respon siswa terhadap E-LKPD terintegrasi augmented reality baik dengan rata-rata skor sebesar 79,4%. E-LKPD terintegrasi augmented reality mampu memberikan informasi mengenai kemampuan HOTS siswa, hal ini ditunjukkan pada terselesaikannya soal dengan kategori C4 sebesar 57% dengan kategori sedang, C5 sebesar 42% dengan kategori sedang, C6 sebesar 25% dengan kategori rendah, serta rata-rata perolehan soal terselesaikan sebesar 41,3% dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-LKPD; Augmented reality; HOTS; Gelombang Bunyi; Cahaya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and related radiation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 18 Jul 2024 08:52
Last Modified: 18 Jul 2024 08:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22853

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics