Meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media cerita bergambar di TK Al Hikmah : studi anak TK B di TK AL Hikmah Tambakaji, Ngaliyan

'Aisiyah, Sayidatul (2023) Meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui media cerita bergambar di TK Al Hikmah : studi anak TK B di TK AL Hikmah Tambakaji, Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1603106020_Sayidatul_Aisiyah] Text (Skripsi_1603106020_Sayidatul_Aisiyah)
Skripsi_1603106020_Sayidatul_Aisiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kemampuan berbicara anak sejak usia dini. Penelitian ini dilatar belakangi suatu permasalahan yaitu dengan adanya anak yang kurang mampu meningkatkan atau mengembangkan kemampuan berbicara. Salah satu media yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak adalah ceita bergambar. Penelitian ini dilakukan di TK Al Hikmah, studi ini bermaksud menjawab permaslahan: bagaimana meningkatkan kemapuan berbicara anak melaui media cerita bergambar di TK Al Hikmah?
Skripsi ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melului observasi, dokumentasi dan juga wawancara dengan guru.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menggunakan media cerita bergambar selama dua siklus terbukti bisa meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Al Hikmah. Hal ini dapat dilihatt dari peningkatan pada setiap aspek penelitian yang diamati. Kemampuan berbicara pada pra siklus memperoleh hasil dari 13 anak terdapat 3 anak memiliki kreteria cukup dan 10 anak memililki kreteria kurang. hasil yang diperoleh 49,30 % kreteria pencapaian kurang. Kemudian setelah dilakukannya siklus I terdapat 3 anak memiliki kreteria baik, 5 anak memiliki cukup dan 5 anak memiliki kriteria kurang. pada siklus I ini diperoleh hasil 61% meningkat 11,70 %. Namun dari hasil yang diperoleh dari siklus ini belum memenuhi kriteria pencapaian sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan pada siklus II. Pada pelaksanaan siklus II anak-anak sudah semakin lancar dalam bercerita. Hasil pada siklus II ini terdapat 8 anak memilik kriteria amat baik dan 5 anak memiliki kriteria baik. Pada siklus II diperoleh hasil 83,53 % meningkat 22,53%. Jadi dapat disimpulkan penggunaan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Hal ini dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada setiap aspek yang diamati di setiap siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Cerita bergambar; Kemampuan berbicara; Anak TK
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:25
Last Modified: 25 Jul 2024 01:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22899

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics