Peran guru dalam menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Himawari Semarang tahun pelajaran 2022/2023

Indriyani, Rizki Nofi (2023) Peran guru dalam menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Himawari Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903106012_Rizki_Nofi_Indriyani] Text (Skripsi_1903106012_Rizki_Nofi_Indriyani)
Skripsi_1903106012_Rizki_Nofi_Indriyani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mambahas tentang peran guru dalam menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Himawari Semarang. Latar belakang dari penelitian ini adalah kemampuan peserta didik dalam mengenal lambang bilangan dikelompok A melalui kegiatan bermain, dengan bermain menjadikan peserta didik berfikir logis dan mau bereksplorasi dengan rasa penasaran yang dimiliki peserta didik, hal ini dikarenakan pendidik dapat menjalankan perannya dengan baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru dalam menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di TK Himawari Semarang. Metodologi penelitian ini menggunakan studi kasus dengan teknik analisis sumber data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang dianalisis dengan teknik triangulasi data.
Kajian ini menunjukan peran pendidik dalam menstimulasi mengenal lambang bilangan menggunakan metode yang relevan seperti metode bermain dan metode demonstrasi. Metode ini diimplementasikan melalui kegiatan bermain dan belajar yang menjadikan peserta didik mampu berfikir simbolik. Melalui kegitan tersebut, peserta didik dapat meningkatkan pengetahuan-nya melalui pengalaman bermain. Sedangkan pendidik melakukan perannya sebagai perencana pengajaran, manager (pengelola pengajaran), motivator dan evaluator, dengan cara pendidik mengamati kegiatan peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung.
Ketercapaian guru dalam menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan dengan nilai rata-rata sebesar 77.9%. Dengan rincian 70.1% berdasarkan hasil penilaian pertama dan 85.7% hasil penilaian ke dua. Penelitian ini di kategorikan bahwa guru telah berhasil melaksanakan perannya dalam menstimulasi kemampuan mengenal lambang bilangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran guru; Kemampuan mengenal lambang bilangan; Anak usia dini
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86207 - Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Alifanisaa Hanugra Yuriesandra
Date Deposited: 29 Jul 2024 09:07
Last Modified: 29 Jul 2024 09:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/22910

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics