Efektivitas model pembelajaran interaktif dengan pertanyaan pengarah (prompting question) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Nurussalam Tersono dalam materi pokok garis dan sudut

Masruroh, Emi (2011) Efektivitas model pembelajaran interaktif dengan pertanyaan pengarah (prompting question) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII MTs Nurussalam Tersono dalam materi pokok garis dan sudut. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_073511054_Emi_Masruroh]
Preview
Text (SKRIPSI_073511054_Emi_Masruroh)
73511054_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (663kB) | Preview
[thumbnail of 73511054_bab1.pdf]
Preview
Text
73511054_bab1.pdf - Accepted Version

Download (36kB) | Preview
[thumbnail of 73511054_bab2.pdf]
Preview
Text
73511054_bab2.pdf - Accepted Version

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of 73511054_bab3.pdf]
Preview
Text
73511054_bab3.pdf - Accepted Version

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of 73511054_bab4.pdf]
Preview
Text
73511054_bab4.pdf - Accepted Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 73511054_bab5.pdf]
Preview
Text
73511054_bab5.pdf - Accepted Version

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of 73511054_bibliografi.pdf]
Preview
Text
73511054_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (11kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran interaktif dengan pertanyaan pengarah (prompting question) merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Penggunaan model pembelajaran ini di M.Ts. Nurussalam dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika yang dicapai serta kurangnya interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan guru ataupun dengan sesama peserta didik dalam proses belajar mengajar. Melalui rangkaian kegiatan dalam model pembelajaran interaktif yang meliputi: Introduction (pengantar), Activity problem solving (melakukan aktivitas atau memecahkan masalah), Sharing and discussing (saling berbagi dan diskusi), Summarizing (meringkas atau menarik kesimpulan), Assessment of learning of unit material (menilai belajar unit material) ini diharapkan interaksi antara peserta didik dengan guru ataupun dengan sesama peserta didik dapat meningkat sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar matematika yang dicapai.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang berdesain “posttest-only control design”. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah penerapan model pembelajaran interaktif dengan pertanyaan pengarah (prompting question) efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelasVII M.Ts. Nurussalam Tersono pada materi pokok garis dan sudut?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektif tidaknya penerapan model pembelajaran interaktif dengan pertanyaan pengarah (prompting question) untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelasVII M.Ts. Nurussalam Tersono pada materi pokok garis dan sudut.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII M.Ts. Nurussalam semester II tahun pelajaran 2010/2011 yang terbagi dalam 4 kelas, yang berjumlah 180 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling. Terpilih peserta didik kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas VII-3 sebagai kelas kontrol. Pada akhir pembelajaran kedua kelas diberi tes dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, metode observasi dan metode tes.
Hasil penelitian setelah dianalisis sebagai berikut: Kelompok eksperimen dan kontrol memiliki rata-rata hasil belajar berturut-turut adalah 73,714 dan 56,600. Hasil analisis dengan uji perbedaan rata-rata (uji t) pihak kanan diperoleh t’ = 9,675 sedangkan nilai t = 1,682 Karena t’ > t maka H ditolak. Artinya rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan model pembelajaran interaktif dengan pertanyaan pengarah (prompting question) lebih besar dari pada rata-rata hasil belajar matematika yang diajar dengan pembelajaran metode konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil tes kelas eksperimen lebih besar dari pada kelas kontrol sehingga dapat dikatakan model pembelajaran interaktif dengan pertanyaan pengarah (prompting question) efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII M.Ts. Nurussalam Tersono pada materi pokok garis dan sudut, dan disarankan guru dapat terus mengembangkan model pembelajaran interaktif dengan pertanyaan pengarah (prompting question) dan menerapkan pada pembelajaran materi pokok yang lainnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Pembelajaran Interaktif; Hasil Belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:33
Last Modified: 19 Jun 2021 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2339

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics