Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi kalor di SMP N 16 Semarang tahun 2010/2011
Wahidati, Syarifiana (2011) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi kalor di SMP N 16 Semarang tahun 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73611005_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (857kB) | Preview
73611005_bab1.pdf - Accepted Version
Download (34kB) | Preview
73611005_bab2.pdf - Accepted Version
Download (263kB) | Preview
73611005_bab3.pdf - Accepted Version
Download (112kB) | Preview
73611005_bab4.pdf - Accepted Version
Download (434kB) | Preview
73611005_bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
73611005_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (7kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok kalor di SMP N 16 Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP N 16 Semarang. Pada penggunaan sempel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas VIIF sebagai kelas eksperimen, VIIA sebagai kelas kontrol, sedangkan VIIIE sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain eksperimen peneliti dapat membandingkan kelompok subyek yang mendapatkan perlakuan (eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol).
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan berupa metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data mengenai kelas eksperimen, kelas kontrol dan kelas uji coba. Tes diberikan setelah peserta didik kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran dengan model TAI (Team Assisted Individualization) dan tes tersebuat di berikan pada kelas kontrol. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda pada kelas uji coba.
Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, lebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan mengguanakan uji-t. di peroleh t hitung = 2.539 dan dari tabel distribusi t diperoleh t tabel = 1.67 dengan α = 0.05 dan dk = 31+31-2 = 60. Hal ini menunjukan bahwa t hitung > t tabel, jadi HA : μ1 > μ2 diterima. Artinya, bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan medel pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi pokok kalor berbeda secara nyata dan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata kelas ekperimen X = 77.3 dan rata-rata kelas kontrol X = 72.3. Hal tersebut nampak bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi kalor lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) berpengaruh meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi kalor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Team Assisted Individualization (TAI); Fisika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 536 Heat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 14 Jul 2014 05:49 |
Last Modified: | 14 Jul 2014 05:49 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2352 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year