Pengaruh media torso “modifikasi wayang kulit” terhadap pemahaman peserta didik pada materi rangka tubuh manusia kelas V MIT Nurul Islam, Ngaliyan, Semarang
Hasanah, Nada' Munfathir (2024) Pengaruh media torso “modifikasi wayang kulit” terhadap pemahaman peserta didik pada materi rangka tubuh manusia kelas V MIT Nurul Islam, Ngaliyan, Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1703096029_Nada'_Munfathir_Hasanah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pengaruh penggunaan media pembelajaran torso “modifikasi wayang kulit” terhadap pemahaman peserta didik kelas V MIT Nurul Islam Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain One Grup Pretest-posttes atau menggunakan satu kelas dengan uji pretest-posttest. Instrumen yang digunakan berupa soal pilihan ganda pretest dan posttest organ gerak pada manusia. Perhitungan pada penelitian ini dibantu oleh excel dan program computer SPSS versi 25 for windows
Hasil penelitian ini yaitu: (1) sebanyak 26 peserta didik yang melakukan pretest mendapatkan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah sebesar 30 dengan rata-rata pretest 56,54. Setelah mendapatkan perlakuan posttest mendapatkan nilai tertinggi 100 dan nilai terendahnya sebesar 75 dengan rata-rata posttest 88,08. (2) Diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 maka H₀ ditolak dan Hₐ diterima, dan besar pengaruh yang diberikan berdasarkan perhitungan koefisien korelasi adalah 71,7%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan Media Torso “Modifikasi Wayang Kulit” dapat mempengaruhi pemahaman IPA pada peserta didik kelas V MIT Nurul Islam Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Media Torso; Modifikasi Wayang Kulit; Pemahaman Peseta Didik |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 07:55 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 07:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24097 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year