Pengaruh metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Sabilul Ulum Mayonglor Jepara tahun 2023/2024

Hidayah, Khilmatul (2023) Pengaruh metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and mathematics) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di MI Sabilul Ulum Mayonglor Jepara tahun 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903096038_Khilmatul_Hidayah] Text (Skripsi_1903096038_Khilmatul_Hidayah)
Skripsi_1903096038_Khilmatul_Hidayah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Metode Steam (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di MI Sabilul Ulum Mayonglor Jepara Tahun 2023/2024. Penelitian ini adalah penelitian Pre-eksperimen Design, yang dilaksanakan di MI Sabilul Ulum Mayonglor Jepara. Rancangan design pada penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi menjadi sampel yaitu kelas IV yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji prasayarat analisis meliputi uji normalitas dan analisis akhir menggunakan uji t (Paired Sample t-test) dan uji N-Gain.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di MI Sabilul Ulum Mayonglor Jepara diperoleh data akhir yaitu rata-rata nilai pretest 62,25 dan rata-rata nilai posttest 75,5. Perbedaan ini diperkuat berdasarkan hasil uji t (paired sample t-test) dengan taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh hasil p = 0,006 < 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima. Kemudian dari hasil uji N-gain diperoleh rata-rata N-Gain sebesar 0,4 yang berkategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh Metode STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts And Mathematics) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Di MI Sabilul Ulum Mayonglor Jepara Tahun 2023/2024.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Metode STEAM; Berpikir Kritis; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 24 Sep 2024 07:43
Last Modified: 24 Sep 2024 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24106

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics