Penerapan metode inquiry dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Alquran Hadis pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Sumurejo tahun ajaran 2010/2011
Handayani, Yayuk Sri Lestari (2011) Penerapan metode inquiry dalam upaya meningkatkan prestasi belajar Alquran Hadis pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Sumurejo tahun ajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111283-COVER.pdf - Accepted Version
Download (211kB) | Preview
093111283-Bab1.pdf - Accepted Version
Download (40kB) | Preview
093111283-Bab2.pdf - Accepted Version
Download (102kB) | Preview
093111283-Bab3.pdf - Accepted Version
Download (38kB) | Preview
093111283-Bab4.pdf - Accepted Version
Download (108kB) | Preview
093111283-Bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
093111283-Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas penerapan metode inquiry pada mata pelajaran Alquran Hadis\\\\. Kajian skripsi ini dilatarbelakangi oleh Alquran dan Hadis\\\\ merupakan dasar utama ajaran Islam, karena dari kedua dasar tersebut dapat dikembangkan berbagai studi Islam, seperti Tafsir, Hadis\\\\, Fiqh, Ilmu kalam, Akhlak dan lain sebagainya. Alquran dan Hadis\\\\, merupakan pedoman hidup umat Islam, penjamin keselamatan, baik di dunia maupun di akhirat.
Begitu pentingnya pendidikan mengenai Alquran Hadis\\\\, justru tidak seimbang dengan metode yang digunakan. Metode yang selama ini dipakai selain menimbulkan kebosanan siswa, juga tidak efektif memotivasi siswa untuk belajar Alquran Hadis\\\\. Sedangkan tujuan pendidikan sekarang tidak cukup hanya memberikan bekal pengetahuan, ketrampilan, keimanan dan ketaqwaan saja, tetapi juga harus diupayakan melahirkan manusia kreatif, inovatif, mandiri dan produktif, mengingat dunia masa mendatang adalah dunia kompetitif.
Inquiry pada dasarnya adalah cara menyadari apa yang telah dialami, karena itu inquiry menuntut peserta didik berfikir, metode ini menempatkan peserta didik pada situasi yang melibatkan mereka dalam kegiatan intelektual. Metode ini menuntut peserta didik memproses pengalaman belajar menjadi sesuatu yang bermakna dalam kehidupan nyata. Melalui metode ini peserta didik dibiasakan untuk produktif, analisis, dan kritis.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Apakah penerapan strategi pembelajaran dengan metode inquiry dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran Alquran Hadis\\\\\\\\? (2) Apakah penerapan strategi pembelajaran dengan metode inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar siswa? (3) Apakah penerapan strategi pembelajaran dengan menggunakan metode inquiry dapat meningkatkan prestasi belajar siswa?
Permasalahan tersebut dibahas melalui Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas IV Madrasah Ibtidaiyyah Negeri Sumurejo Tahun Ajaran 2010/2011. Sekolah tersebut menjadi sumber data untuk mendapatkan potret implementasi metode inquiry dalam pelajaran Alquran Hadis\\\\. Data diperoleh dengan observasi tindakan kelas.
Semua data disajikan secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Data kualitatif, berupa catatan lapangan dan tugas siswa. Sedangkan data kuantitatif adalah hasil tes siswa selama kegiatan belajar mengajar dan setelah selesai materi yang diajarkan (pre test – post test). Untuk data kualitatif, analisis yang digunakan adalah analisis non statistik, yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis data yang diwujudkan bukan dalam bentuk angka-angka, melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa:
(1) Metode inquiry merupakan metode pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar-dasar berfikir ilmiah pada diri siswa, sehingga dalam proses pembelajaran ini siswa lebih banyak belajar sendiri, mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah. Dalam kegiatan inquiry, siswa diarahkan untuk menemukan sendiri, pengetahuan yang mereka pelajari, dalam hal ini persoalan yang muncul dalam surat Al Lahab. Dengan demikian proses belajar mengajar Alquran Hadis\\\\\ menjadi lebih efektif.
(2) Salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari metode inquiry adalah munculnya sikap keilmiahan siswa, misalnya sikap objektif, rasa ingin tahu yang tinggi, dan berpikir kritis. Dengan terbangkitkan dan terpacu rasa keingintahuan siswa, menyebabkan siswa menjadi lebih bersemangat untuk menggali lebih dalam pengetahuannya. Rasa ingin tahu siswa memberikan motivasi bagi siswa tersebut untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang dihadapinya; yang tidak lain adalah motivasi untuk belajar. Hubungan antara rasa ingin tahu akibat penerapan metode inquiry, searah dengan motivasi belajar. Artinya semakin besar rasa ingin tahu siswa, maka semakin besar pula motivasi belajar siswa. Dengan kata lain penerapan metode inquiry dapat membangkitakan motivasi belajar siswa.
(3) Tingkat kondisi penerapan metode inquiry pada bidang studi Alquran Hadis\\\\\ dapat dikategorikan berhasil. Hal ini terbukti dengan nilai rata-rata (mean) yang diperoleh antara pre test dan post test, terlihat jelas bahwa mean post test 75,94 > mean pre test 53,31.
Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode inquiry memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar siswa bidang studi Alquran Hadis\ MIN Sumurrejo Kecamatan Gunung Pati Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alquran Hadits; Metode Pembelajaran; Inquiry; Prestasi Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 07 Jul 2014 05:55 |
Last Modified: | 07 Jul 2014 05:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2419 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year