Studi korelasi pembelajaran dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dengan prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa kelas V di MI Mambaul Ulum Kayen Pati tahun pelajaran 2010/2011
Inayah, Siti (2011) Studi korelasi pembelajaran dengan pendekatan CTL (contextual teaching and learning) dengan prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa kelas V di MI Mambaul Ulum Kayen Pati tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
093111314-COVER.pdf - Accepted Version
Download (536kB) | Preview
093111314-bab1.pdf - Accepted Version
Download (37kB) | Preview
093111314-bab2.pdf - Accepted Version
Download (86kB) | Preview
093111314-bab3.pdf - Accepted Version
Download (29kB) | Preview
093111314-bab4.pdf - Accepted Version
Download (61kB) | Preview
093111314-bab5.pdf - Accepted Version
Download (10kB) | Preview
093111314-bibliografi.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang studi korelasi pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas V di MI Mambaul Ulum Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Kajiannya dilatarbelakangi oleh perlunya perubahan pendekatan pembelajaran yang lebih bermakna sehingga dapat membekali peserta didik dalam menghadapi permasalahan hidup yang dihadapi sekarang maupun yang akan datang. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana proses pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas V MI Mambaul Ulum Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? (2) Bagaimana hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa Kelas V MI Mambaul Ulum Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011? (3) Adakah hubungan yang signifikan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa Kelas V MI Mambaul Ulum Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011?
Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument angket untuk menjaring data tentang pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) (variabel X) dan dokumentasi untuk menjaring data tentang prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa (variabel Y).
Untuk mengetahui pembelajaran dengan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat dilihat dari nilai rata-rata angket yaitu 41,97 berada pada interval 40 - 48, dengan kategori sangat baik, sedangkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa kelas V rata-rata nilai mencapai 80,33 berada pada interval 78 - 84, dengan kategori tinggi.
Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi product moment menunjukkan adanya hubungan yang signifikan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa Kelas V MI Mambaul Ulum Kayen Pati Tahun Pelajaran 2010/2011. Hal ini dibuktikan dengan hasil penghitungan r observasi = 0,723lebih besar jika dibandingkan dengan angka pada nilai r tabel dengan N 30 baik pada taraf signifikasi 5 % (0,723 >0,361), maupun pada taraf signifikasi 1 % (0,723 > 0,463), maka menunjukkan angka yang signifikan. Dengan demikian, semakin baik penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning), maka semakin baik pula prestasi belajar Al-Qur’an Hadits siswa. Sebaliknya semakin buruk penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) maka akan semakin rendah prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Prestasi Belajar; al-Qur’an Hadits; Metode Pembelajaran; Contextual Teaching and Learning (CTL) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 04 Jul 2014 06:55 |
Last Modified: | 04 Jul 2014 06:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/2440 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year