Pengembangan e-modul paos dengan model Project Based Learning (PJBL) pada materi alat optik untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

Haningrum, Salekhah Kalbi (2023) Pengembangan e-modul paos dengan model Project Based Learning (PJBL) pada materi alat optik untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1908066026_Salekhah Kalbi Haningrum_Lengkap] Text (Skripsi_1908066026_Salekhah Kalbi Haningrum_Lengkap)
Skripsi_1908066026_Salekhah Kalbi Haningrum_Lengkap Tugas Akhir - Salekhah Kalbi Haningrum UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-modul PAOS (Proyek Alat Optik Sederhana) dengan model PjBL pada materi Alat Optik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan model ADDIE, penelitian dan pengembangan yang dilakukan meliputi lima langkah yaitu analysis, desain, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini barupa angket dan instrumen tes, angket yang digunakan untuk menilai kualitas E-Modul menggunakan skala Likert yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan siswa kelas XI MIPA 1 MAN 2 Kota Semarang. Sedangkan instrumen tes digunakan untuk menilai peningkataan kemampuan memecahkan masalah siswa menggunakan soal pretest dan posttest dengan uji t dan N-Gain. Hasil validasi E-Modul PAOS berdasarkan penilaian ahli materi 97%, ahli media 90,51%, ahli bahasa 92,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Peningkatan kemampuan memecahkan masalah di lihat dari uji t satu sampel yang menunjukkan thitung>ttabel yaitu 46,602>2,72381 dan N-Gain dengan skor 0,53 dengan kategori “Sedang”. Maka dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kemampuan memecahkan masalah peserta didik kelas XI MIPA 1 sebelum dan sesudah menggunakan E-Modul PAOS. Respon siswa mendapatkan persentase sebesar 81,69% dengan kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: E-modul; Project based learning
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 535 Light and related radiation
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 07 Nov 2024 04:33
Last Modified: 07 Nov 2024 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/24935

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics