Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis predict-discuss-explain-observe-discuss-explain pada materi sel untuk melatih keterampilan berpikir kritis kelas XI MIPA

Ulandhari, Fitri (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis predict-discuss-explain-observe-discuss-explain pada materi sel untuk melatih keterampilan berpikir kritis kelas XI MIPA. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1708086006_Fitri_Ulandhari] Text (Skripsi_1708086006_Fitri_Ulandhari)
Skripsi_1708086006_Fitri_Ulandhari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (11MB)

Abstract

Materi sel merupakan salah satu materi biologi yang tergolong sulit. Berdasarkan hasil observasi diketahui bahwa hasil pembelajaran biologi khususnya pada materi sel dilihat dari data nilai tahun pelajaran 2021-2022, dan 2022-2023. Pada tahun ajaran 2021-2022 nilai yang tidak lulus sebanyak 60% dari semua siswa kelas XIA dan XIB MIPA dengan kisaran nilai kurang dari 70, pada tahun 2022-2023 sebanyak 73% dari 45 siswa kelas XIA dan XIB MIPA, dari hal tersebut diketahui bahwa tingkat keaktifan siswa dalam proses pembelajaran masih dikategorikan rendah serta rasa ingin tahu pada diri siswa mengenai materi sel masih sangat minim. Solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut salah satunya yaitu mengembangkan bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik berbasis predict-discuss-explain-observe-discuss-explain yang inovatif, dan kreatif. Lembar kerja peserta didik di desain sesuai dengan kebutuhan siswa seperti terdapat info bio, glosarium, bio suplemen, bio evaluasi, tugas mandiri, dan juga pembelajaran yang sesuai dengan strategi pembelajaran berupa pdeode. Lembar kerja peserta didik berbasis pdeode memiliki beberapa keunggulan salah satunya adalah Siswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran, Siswa dapat mengelola pengetahuan secara mandiri dari fenomena yang ada,mampu membangkitkan kemampuan diskusi antara siswa dengan siswa maupun siswa dengan guru, menggali gagasan awal siswa dan melatih ketrampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development dengan model pengembangan Dick & carrey. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di MAS Fathul Hidayah Pangean, dengan sampel yang diambil adalah 22 siswa kelas XI dengan teknik sampling yang digunakan teknik random sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterbacaan Lembar kerja peserta didik berbasis predict-discuss-explain-observe-discuss-explain dan kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penelitian ini lembar kerja peserta didik berbasis predict-discuss-explain-observe-discuss-explain pada materi sel untuk melatih ketrampilan berpikir kritis dikategorikan layak dengan rincian presentase kelayakan dari ahli materi sebanyak 65,3%, ahli media 64,5%, guru mata pelajaran 82%, respon siswa dengan rata-rata 87,1 % dan uji keterbacaan dengan rata-rata 76%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Lembar kerja; Peserta didik; Ketrampilan berpikir kritis; Materi sel; Predict; Discuss; Explain; Observe
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology > 571 Physiology and related subjects
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Sep 2025 01:38
Last Modified: 02 Sep 2025 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27442

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics