Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) menggunakan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) berbantuan aplikasi Phyphox untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gelombang bunyi
Al Farishi, Ali Khasan (2024) Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) menggunakan pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) berbantuan aplikasi Phyphox untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi gelombang bunyi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008066019_Ali_Khasan_Al_Farishi_2]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008066019_Ali_Khasan_Al_Farishi_2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian yang mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) menggunakan pendekatan Science, Thechnology, Enginering, and Mathematics (STEM) dengan berbantuan aplikasi Phyphox. Pengembangan LKPD ini berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan di SMA Negeri 1 Semarang yang didapati nilai rata-rata peserta didik di setiap kelas pada mata pelajaran fisika masih rendah. Rendahnya rata-rata nilai peserta didik tersebut menandakan bahwa aspek pemahaman konsep dari peserta didik masih kurang, oleh karena itu dibutuhkan sebuah alat bantu untuk membantu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan ADDIE. Teknik pengambilan sampel ini adalah purposive sampling dengan mengambil kelas XI-10 sebagai kelas Eksperimen dan kelas XI-12 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi produk, secara keseluruhan aspek menghasilkan 0,92 dengan kriteria sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian, didapati rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 85,20 dan kelas kontrol adalah 46,67. Hasil uji independent sample t-test didapati nilai signifikansi sebesar 0,00 yang artinya kurang dari 0,05 sehingga penelitian untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik ini berpengaruh. Pengujian dilanjutkan pada uji N-Gain didapati hasil sebesar 0.80 yang menandakan pada penelitian ini memiliki peningkatan yang tinggi. Pengujian effect size menghasilkan nilai 1,65 dengan kriteria efektifitas tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD; STEM; Pemahaman konsep; Aplikasi Android; Phyphox; Gelombang bunyi |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 534 Sound and related vibrations |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 16 Sep 2025 06:54 |
Last Modified: | 16 Sep 2025 06:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27664 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year