Penerapan model pembelajaran quantum teaching terintegrasi kecerdasan majemuk SLIM N BIL untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI materi fluida statis
Diniyah, Maftukhatut (2024) Penerapan model pembelajaran quantum teaching terintegrasi kecerdasan majemuk SLIM N BIL untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas XI materi fluida statis. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
![[thumbnail of Skripsi_2008066030_Maftukhatut_Diniyah]](https://eprints.walisongo.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_2008066030_Maftukhatut_Diniyah_2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (6MB)
Abstract
Siswa di SMA Negeri 2 Kendal merasa kesulitan dalam memahami fisika. Menurut para siswa, fisika terasa membosankan dikarenakan berisi banyak rumus matematis. Kesulitan ini berdampak negatif terhadap kemampuan kognitif siswa. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif, diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keberhasilan pembelajaran seperti model pembelajaran quantum teaching. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan kemampuan kognitif antara model pembelajaran quantum teaching yang terintegrasi kecerdasan majemuk SLIM N BIL dengan model pembelajaran cooperative learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas eksperimen sebesar 26,81 dan kelas kontrol sebesar 26,39. Analisis menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan nilai Asymp.Sig.(2-tailed) < 0,05, menunjukkan adanya perbedaan kemampuan kognitif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai N-Gain untuk kelas eksperimen sebesar 0,41 dan kelas kontrol sebesar 0,31, yang keduanya masuk dalam kategori sedang. Uji hipotesis menggunakan uji t-test untuk N-Gain menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,314 > 0,05, menunjukkan tidak adanya perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan kognitif antara model pembelajaran quantum teaching yang terintegrasi kecerdasan majemuk SLIM N BIL dengan model pembelajaran cooperative learning. Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum teaching; Kecerdasan majemuk; SLIM N BIL; Kemampuan Kognitif; Siswa kelas XI |
Subjects: | 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 532 Fluid mechanics Liquid mechanics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 18 Sep 2025 06:38 |
Last Modified: | 18 Sep 2025 06:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/27690 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year