Efektifitas pembelajaran berbalik (reciprocal teaching) pokok bahasan lingkaran pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri I Mranggen Demak tahun pelajaran 2008/2009
Filayati, Aqil (2009) Efektifitas pembelajaran berbalik (reciprocal teaching) pokok bahasan lingkaran pada peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri I Mranggen Demak tahun pelajaran 2008/2009. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
3104203 _ Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (54kB) | Preview
3104203 _ Bab 1.pdf - Accepted Version
Download (48kB) | Preview
3104203 _ Bab 2.pdf - Accepted Version
Download (50kB) | Preview
3104203 _ Bab 3.pdf - Accepted Version
Download (67kB) | Preview
3104203 _ Bab 4.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
3104203 _ Bab 5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
3104203 _ Bibliography.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran berbalik efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok lingkaran di SMP Negeri I Mranggen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri I Mranggen Kabupaten Demak. Pada pengambilan sample digunakan metode cluster radom sampling diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas uji coba. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, pada desain eksperimen penelitian dapat membandingkan kelompok subjek yang mendapatkan perlakuan (kelas eksperimen) dan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan (kelas kontrol).
Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Dari metode dokumentasi diperoleh data-data mengenai kelas eksperimen, kelas kontrol, dan kelas uji coba. Tes diberikan setelah peserta didik kelas eksperimen diberi perlakuan (pembelajaran dengan metode pembelajaran berbalik) dan tes tersebut juga diberikan pada kelas kontrol. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu tes diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda pada kelas uji coba.
Sebelum hasil penelitian dianalisis dengan uji-t, terlebih dahulu tes tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t. diperoleh thitung = 2.207 dan dari table distribusi t diperoleh ttabel = 1,66 dengan α = 0,05 dan dk = 40 + 40 – 2 = 78. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttebel, jadi diterima. Artinya, bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran berbalik pada materi pokok lingkaran berbeda secara nyata dari rata-rata hasil belajar peserta didik kelas kontrol. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil kelas eksperimen = 7,1 dan rata-rata kelas kontrol = 6.62. Hal tersebut nampak bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran berbalik pada materi pokok lingkaran lebih baik dari pada rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran berbalik efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi pokok lingkaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran berbalik; Reciprocal Teaching; Metode pembelajaran; Matematika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Agus Sopan Hadi |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 07:13 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 07:45 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/3865 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year