Efektivitas metode pembelajaran improve dengan bantuan alat peraga miniatur tandon air terhadap hasil belajar peserta didik pada materi logika matematika semester genap kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun pelajaran 2011/2012

Fariski, Mukhammad (2012) Efektivitas metode pembelajaran improve dengan bantuan alat peraga miniatur tandon air terhadap hasil belajar peserta didik pada materi logika matematika semester genap kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_083511036_Mukhammad_Fariski]
Preview
Text (SKRIPSI_083511036_Mukhammad_Fariski)
083511036_Coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (581kB) | Preview
[thumbnail of 083511036_Bab1.pdf]
Preview
Text
083511036_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (28kB) | Preview
[thumbnail of 083511036_Bab2.pdf]
Preview
Text
083511036_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 083511036_Bab3.pdf]
Preview
Text
083511036_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 083511036_Bab4.pdf]
Preview
Text
083511036_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 083511036_Bab5.pdf]
Preview
Text
083511036_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 083511036_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083511036_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode pembelajaran IMPROVE dengan bantuan alat peraga miniatur tandon air terhadap hasil belajar peserta didik pada materi logika matematika semester genap kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berdesain eksperimen static group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang yang terbagi menjadi tujuh kelas dengan jumlah peserta didik 221, kemudian dipilih sampel menggunakan teknik simple random sampling setelah dilakukan uji normalitas pada seluruh populasi, dengan kelas X.2 yang terdiri dari 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen. Selanjutnya kelas eksperimen diberi perlakukan yang berbeda dalam hal pembelajarannya, yakni diterapkan metode pembelajaran IMPROVE dengan bantuan alat peraga miniatur tandon air.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan dokumentasi. Dari metode dokumentasi diperoleh data m-data tentang peserta didik kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, beserta data hasil belajar matematika semester gasal tahun pelajaran 2011/2012. Sedangkan tes diberikan setelah kelas ekperimen diberi perlakuan. Sebelum tes tersebut diberikan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda butir soal tes.
Dalam menganalisis data nilai post test digunakan uji t pihak kiri. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pihak kiri tersebut diperoleh thitung = 4,216 dan dari tabel distribusi t diperoleh ttabel = 1,701 dengan α = 0,05 dan dk = 29 – 1 = 28. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Jadi H0: diterima. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 74,172. Dari sini terlihat bahwa nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang diajar dengan metode pembelajaran IMPROVE dengan bantuan alat peraga miniatur tandon air pada materi logika matematika berbeda secara nyata dengan nilai KKM dengan nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada nilai KKM. Selain itu, ketuntasan belajar kelas eskperimen mencapai 86,21%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran IMPROVE dengan bantuan alat peraga miniatur tandon air efektif terhadap hasil belajar peserta didik pada materi logika matematika kelas X semester genap di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun pelajaran 2011/2012.
Penggunaan metode pembelajaran yang inovatif dan alat peraga dalam pembelajaran matematika sangat penting untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, guru diharapkan lebih kreatif dalam hal menggunakan metode pembelajaran, supaya pembelajaran matematika menjadi menyenangkan dan bermakna. Guru juga diharapkan untuk menggunakan alat peraga dalam pembelajaran matematika, karena dapat mempermudah peserta didik dalam memahami suatu konsep matematika yang abstrak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Improve; Logika Matematika; Alat Peraga Pendidikan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 511 General principles
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 03 Dec 2013 07:40
Last Modified: 05 Jun 2021 02:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/397

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics