Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015 (studi tindakan kelas pada siswa kelas V)
As’ad, As’ad (2014) Penggunaan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015 (studi tindakan kelas pada siswa kelas V). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
133911161_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (289kB) | Preview
133911161_bab1.pdf - Accepted Version
Download (99kB) | Preview
133911161_bab2.pdf - Accepted Version
Download (273kB) | Preview
133911161_bab3.pdf - Accepted Version
Download (161kB) | Preview
133911161_bab4.pdf
Download (153kB) | Preview
133911161_bab5.pdf - Accepted Version
Download (64kB) | Preview
133911161_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (78kB) | Preview
Abstract
Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran yaitu sebuah pemanfatan media dengan menggabungkan unsur suara dan gambar dengan mengkolaborasikan indera pendengaran dan indera penglihatan, dengan menggunakan metode diskusi pada pembelajaran IPA. Peneliti ini diawali oleh masalah diantaranya yakni rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Adapun tujuan peneliti ini adalah untuk menerapkan penggunaan media audio visual pembelajaran dalam upaya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Penelitian ini mengunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi. Pada tiap-tiap siklus penelitian ini difokuskan untuk memperoleh data tentang efektivitass penggunaan media audio visual pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelittian ini dilakukan di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak kelas V yang berjumlah 25 siswa tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dan lembar observasi. Teknik analisis data secara kuantitatif berdasarkan hasil analisis perhitungan rata-rata skor. Hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada siklus I adalah 24% sedangkan pada siklus II sejumlah 96%. Dengan demikian penggunaan media audio visual pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Media audio visual, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran; Hasil belajar; Sains untuk sekolah dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 05 Jun 2015 09:11 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 10:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4111 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year