Meningkatkan ketrampilan membaca nyaring melalui media pias-pias kata pada siswa kelas I di MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak tahun pelajaran 2014/2015
Anam, Khiyarul (2014) Meningkatkan ketrampilan membaca nyaring melalui media pias-pias kata pada siswa kelas I di MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.
1339111679_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (346kB) | Preview
1339111679_bab1.pdf - Accepted Version
Download (127kB) | Preview
1339111679_bab2.pdf - Accepted Version
Download (524kB) | Preview
1339111679_bab3.pdf - Accepted Version
Download (386kB) | Preview
1339111679_bab4.pdf - Accepted Version
Download (361kB) | Preview
1339111679_bab5.pdf - Accepted Version
Download (206kB) | Preview
1339111679_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (185kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
membaca nyaring melalui media pias-pias kata atau kata bergambarkepada peserta didik di Kelas I MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak Tahun Pelajaran 2014 / 2015.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilakukan dalam dua siklus. Model penelitian yang digunakan yaitu model spiral Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara guru dengan peneliti. Subjek Penel itian Tindakan Kelas ini adalah seluruh peserta didik kelas I MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak, dengan jumlah anak 20 peserta didik. Metode pengumpulan data, pada penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan
kemampuan membaca permulaan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi sebelum tindakan dan setelah dilakukan tindakan. Sebelum tindakan diperoleh persentase kemampuan membaca nyaring dengan persentase 35%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 25%. Pada pelaksanaan siklus II peneliti memperbaiki kegiatan pembelajaran. Pertama, metode pembelajaran agar lebih mudah guru
dalam memberi bimbingan pada setiap anak. Kedua, memperbaiki
media pias-pias kata atau kartu kata bergambar menjadi lebih besar dan menarik agar lebih jelas. Ketiga, memperhatikan penggunaan waktu agar anak memiliki waktu untuk bermain dengan media kata atau kata bergambar. Setelah pelaksanaan siklus II kemampuan membaca nya
ring pada peserta didik meningkat sebesar 90% dari
siklus I.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ketrampilan membaca; Media Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 08 Jun 2015 06:02 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 10:43 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4117 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year