Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat melalui pendekatan CTL peserta didik kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak tahun pelajaran 2014/2015
Ismail, Abdullah (2014) Meningkatkan hasil belajar matematika pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat melalui pendekatan CTL peserta didik kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133911187_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (729kB) | Preview
133911187_bab1.pdf - Accepted Version
Download (121kB) | Preview
133911187_bab2.pdf - Accepted Version
Download (527kB) | Preview
133911187_bab3.pdf - Accepted Version
Download (167kB) | Preview
133911187_bab4.pdf - Accepted Version
Download (197kB) | Preview
133911187_bab5.pdf - Accepted Version
Download (45kB) | Preview
133911187_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (38kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menemukan penerapan pendekatan CTL pada materi pokok Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat; (2) meningkatkan hasil belajar dan menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak mata pelajaran Matematika khususnya materi pokok Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) pada peserta didik kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak mata pelajaran Matematika pada materi pokok operasi hitung campuran bilangan bulat. Rata-rata nilai tes evaluasi yang dicapai pada kondisi awal yaitu pada materi operasi hitung campuran bilangan bulat sebesar 60,95. Peserta didik yang memperoleh nilai di bawah 65 sebanyak 11 orang atau 38,09%. Hasil belajar ini belum memuaskan dan lebih dari 75% peserta didik belum dapat tuntas belajar. Fakta menunjukkan bahwa peserta didik kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo belum bisa menyelesaikan soal yang diberikan dengan baik, kurang berani untuk tampil di depan kelas, kurang aktif bertanya kepada guru, dan enggan untuk menyampaikan ide-ide mereka. Oleh karena itu, untuk lebih meningkatkan hasil belajar Matematika, dalam hal ini peneliti menggunakan alternatif dengan menerapkan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning).
Nilai rata-rata hasil belajar pada pra siklus baru mencapai 60,95 dan persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 38,09%, naik pada siklus I menjadi 78,09 dan ketuntasan klasikal 85,71%, naik lagi pada siklus II menjadi 88,57 dan ketuntasan klasikal menjadi 95,23%.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik kelas V MI Miftahul Falah Jatimulyo Bonang Demak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Hj. Minhayati Saleh, M. Sc. |
Uncontrolled Keywords: | Hasil belajar; Matematika untuk sekolah dasar; Strategi Pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 11 Jun 2015 00:40 |
Last Modified: | 11 Jun 2015 00:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4129 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year