Upaya meningkatkan keterampilan Matematika tema kegemaranku dengan metode megaskill pada siswa kelas I MI Sukolilan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2014/2015

Arofah, Siti (2014) Upaya meningkatkan keterampilan Matematika tema kegemaranku dengan metode megaskill pada siswa kelas I MI Sukolilan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of 133911207_coverdll.pdf]
Preview
Text
133911207_coverdll.pdf - Bibliography

Download (582kB) | Preview
[thumbnail of 133911207_bab1.pdf]
Preview
Text
133911207_bab1.pdf - Accepted Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 133911207_bab2.pdf]
Preview
Text
133911207_bab2.pdf - Accepted Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 133911207_bab3.pdf]
Preview
Text
133911207_bab3.pdf - Accepted Version

Download (344kB) | Preview
[thumbnail of 133911207_bab4.pdf]
Preview
Text
133911207_bab4.pdf - Accepted Version

Download (279kB) | Preview
[thumbnail of 133911207_bab5.pdf]
Preview
Text
133911207_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 133911207_bibliografi.pdf]
Preview
Text
133911207_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan bidang studi yang dipelajari oleh semua peserta didik dari SD hingga SLTA bahkan juga di perguruan tinggi. Matematika dianggap oleh sebagian peserta didik merupakan pelajaran yang menakutkan dan sulit untuk dipelajari, meskipun diakui berguna bagi kehidupan manusia, namun banyak peserta didik belum bisa merasakan manfaatnya, kecuali dalam berhitung praktis. Dalam konteks pembelajaran Matematika tema kegemaranku di kelas I MI Sukolilan Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015, pembelajaran Matematika mengalami kendala disebabkan kompetensi peserta didik sangat rendah terutama pada aspek keterampilan dan pengenalan pola-pola bilangan sederhana. Untuk mengatasi kendala tersebut diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam mengenal bilangan asli, salah satunya adalah metode Megaskill.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui ; Implementasi metode Megaskill untuk meningkatkan keterampilan Matematika tema kegemaranku pada peserta didik kelas I MI Sukolilan Kecamatan Patebon Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengambil objek penelitian peserta didik kelas I MI Sukolilan yang berjumlah 18 orang. Sumber data penelitian ini adalah penerapan metode Megaskill untuk meningkatkan keterampilan belajar peserta didik pada mata pelajaran Matematika tema kegemaranku materi mengenal bilangan asli di kelas I MI Sukolilan. Jenis datanya diambil dari observasi langsung di lapangan dan pemberian tes hasil belajar yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, yang pelaksanaannya dibantu oleh kolaborator. Analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan keterampilan belajar peserta didik antara pra siklus dengan siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Mega Skill pada pembelajaran Matematika tema kegemaranku dapat meningkatkan keterampilan belajar mengenal bilangan asli pada peserta didik kelas I MI Sukolilan Patebon Kendal Tahun Pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan indikator sebagai berikut :
1. Keterampilan belajar peserta didik mengalami peningkatan, dengan indikator ketuntasan belajar siswa dalam pembelajaran tema kegemaranku mengalami peningkatan, di mana ketuntasan belajar siswa pada pra siklus hanya 4 siswa atau 22,2 %, selanjutnya ketuntasan belajar siswa tersebut meningkat pada siklus I dengan rincian siswa yang tuntas menjadi 9 siswa atau 50 %, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan lagi menjadi 15 siswa atau 83,3 %.
2. Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran Matematika tema kegemaranku mengalami peningkatan, di mana keaktifan belajar siswa pada pra siklus didominasi kategori kurang sebanyak 8 siswa atau 44 %, selanjutnya keaktifan belajar siswa tersebut meningkat pada siklus I dengan didominasi kategori baik sebanyak 6 siswa atau 33,3 %, dan pada siklus II keaktifan belajar mengalami peningkatan dengan dominasi kategori baik sebanyak 7 siswa atau 38,9 %.
Berdasarkan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan pada penelitian ini secara individual mencapai nilai yang ditetapkan dalam KKM minimal 70, dan secara klasikal minimal 75 % dari seluruh peserta didik kelas I MI Sukolilan yang telah mencapai ketuntasan, dan kriteria keaktifan siswa dalam pembelajaran mencapai kategori baik. Berdasarkan kriteria tersebut, maka penelitian tindakan kelas ini telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan tersebut, karena ketuntasan belajar pada penelitian ini mencapai 15 siswa atau 83,3 %, dan peningkatan keaktifan belajar siswa termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Matematika untuk sekolah dasar; Metode pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Jun 2015 08:45
Last Modified: 15 Dec 2021 10:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4153

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics