Penggunaan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar Fisika materi pokok massa jenis di SMP Negeri 30 Semarang tahun pelajaran 2013/2014
Septianingsih, Imas Dwi (2014) Penggunaan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar Fisika materi pokok massa jenis di SMP Negeri 30 Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
103611004_coverdll.pdf - Accepted Version
Download (611kB) | Preview
103611004_bab1.pdf
Download (142kB) | Preview
103611004_bab2.pdf - Accepted Version
Download (355kB) | Preview
103611004_bab3.pdf - Accepted Version
Download (363kB) | Preview
103611004_bab4.pdf - Accepted Version
Download (329kB) | Preview
103611004_bab5.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
103611004_bibliografi.pdf - Bibliography
Download (59kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap hasil belajar peserta didik. Objek penelitian kelas VII pada materi pokok Massa Jenis di SMP 30 Semarang tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMP 30 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang diambil sebagai sampel yang dikelompokkan sesuai dengan kelasnya, yakni kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII C sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan metode dokumentasi dan metode tes. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t awal dengan data hasil ujian akhir semester I. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan Model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data nilai akhir didapat terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan homogenitas kemudian uji-t.
Berdasarkan data hasil post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 69,96 dan rata-rata kelas kontrol adalah 60,95. Artinya nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas kembali, kedua kelas ini tidak homogen. Uji perbedaan dua rata-rata antara nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung = 2,724 dan diperoleh ttabel untuk = 5%, adalah 1,574 untuk =1% adalah 0,634 Karena thitung > ttabel maka dapat dikatakan bahwa nilai gain rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sehingga dapat disimpulkan penggunaan model Pembelajaran Aptitude Treatment interaction dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi pokok Massa Jenis di SMP Negeri 30 Semarang tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI)
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Minhayati Saleh, M. Sc.; Fadllan, M. Sc. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Hasil belajar; Fisika |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 532 Fluid mechanics Liquid mechanics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 23 Jun 2015 04:35 |
Last Modified: | 23 Jun 2015 04:35 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4167 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year