Pengaruh pendekatan OPEN-ENDED terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Pakis Aji Jepara materi persamaan garis lurus tahun pelajaran 2014/2015
Niswah, Nuril Lailatun (2014) Pengaruh pendekatan OPEN-ENDED terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMP N 1 Pakis Aji Jepara materi persamaan garis lurus tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
103511034_coverdll.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (384kB) | Preview
103511034_bab1.pdf - Accepted Version
Download (151kB) | Preview
103511034_bab3.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
103511034_bab2.pdf - Accepted Version
Download (410kB) | Preview
103511034_bibliograf.pdf - Accepted Version
Download (101kB) | Preview
103511034_bab5.pdf - Accepted Version
Download (131kB) | Preview
103511034_bab4.pdf - Bibliography
Download (265kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pengaruh pendekatan open-ended terhadap
pemahaman konsep matematika peserta didik pada materi Persamaan
Garis Lurus kelas VIII di SMP N 1 Pakis Aji Jepara tahun pelajaran
2014/2015. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan:
apakah ada pengaruh pendekatan open-ended terhadap pemahaman
konsep matematika peserta didik pada materi Persamaan Garis Lurus
kelas VIII SMP N 1 Pakis Aji Jepara tahun pelajaran 2014/2015?
Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang
dilaksanakan di SMP N 1 Pakis Aji Jepara. Sekolah tersebut dijadikan
sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pengaruh pendekatan
open-ended terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik
pada materi Persamaan Garis Lurus. Data diperoleh dengan cara
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah ttest. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VIII SMP N 1
Pakis Aji Jepara yang terdiri dari empat kelas yaitu kelas VIII A, VIII
B, VIII C, dan VIII D. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik
cluster sampling. Terpilih kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan
kelas VIII B sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan kemampuan akhir kelas eksperimen
dengan pendekatan open-ended diperoleh rata-rata = 69,405 dan
standar deviasi (SD) adalah 10,592, sedangkan untuk kelas kontrol
dengan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata 62,811
dan standar deviasi (SD) adalah 10,030. Berdasarkan perhitungan ttest satu pihak (uji pihak kanan), dengan dk dan
taraf nyata α = 5%, maka diperoleh dan
.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
matematika dengan pendekatan open-ended berpengaruh terhadap
vii
pemahaman konsep matematika peserta didik. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut, disarankan kepada guru agar dapat menggunakan
pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan OPEN-ENDED; persamaa garis lurus |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 30 Jun 2015 09:22 |
Last Modified: | 29 May 2021 04:01 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4198 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year