Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada sub materi pokok pecahan semester I kelas VII C MTs Al Asror Gunungpati Semarang tahun ajaran 2009/2010

Amri, Muh. Syaiful (2010) Meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada sub materi pokok pecahan semester I kelas VII C MTs Al Asror Gunungpati Semarang tahun ajaran 2009/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 3105191 _ Coverdll.pdf]
Preview
Text
3105191 _ Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of 3105191 _ Bab 1.pdf]
Preview
Text
3105191 _ Bab 1.pdf - Accepted Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 3105191 _ Bab 2.pdf]
Preview
Text
3105191 _ Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of 3105191 _ Bab 3.pdf]
Preview
Text
3105191 _ Bab 3.pdf - Accepted Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 3105191 _ Bab 4.pdf]
Preview
Text
3105191 _ Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of 3105191 _ Bab 5.pdf]
Preview
Text
3105191 _ Bab 5.pdf - Accepted Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 3105191 _ Bibliographi.pdf]
Preview
Text
3105191 _ Bibliographi.pdf - Bibliography

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII C MTs Al Asror Gunungpati Semarang pada sub materi pokok pecahan.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VII C MTs Al Asror Gunungpati Semarang. Obyek penelitian ini adalah di MTs Al Asror Gunungpati Semarang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) yaitu kelas VII C yang berjumlah 40 peserta didik yang terdiri dari 20 putra dan 20 putri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi terbuka, dokumentasi, dan tes evaluasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah meningkatnya hasil belajar yaitu nilai rata-rata 6,2 dengan ketuntasan belajar 75%.
Data yang terkumpul dianalisis deskriptif sederhana. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap prasiklus nilai rata-rata peserta didik 6,06 dengan ketuntasan belajar 45,0%. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 6,19 dengan ketuntasan belajar 64,10%. Kemudian pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu 7,51 dan ketuntasan belajar mencapai 82,05%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat peserta didik yang dari tahap siklus I dan siklus II mempunyai nilai skor terakhir dan nilai tes akhirnya dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi keluarga yang tidak mendukung dan karena memang daya ingat atau tingkat intelektualitas yang rendah.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Hasil penelitian tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) di MTs Al Asror Gunungpati Semarang untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dan dapat memberikan dorongan atau motivasi belajar kepada peserta didik agar bisa berprestasi dan berkompetisi dengan sehat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Pembelajaran Kooperatif; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Agus Sopan Hadi
Date Deposited: 11 Jun 2015 03:46
Last Modified: 20 May 2021 04:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4235

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics