Pengaruh kecerdasan emosional dan disposisi matematis peserta didik terhadap hasil belajar kognitif matematika di kelas XI MA NU 10 Sukorejo
Maghfuroh, Maula Amalia (2016) Pengaruh kecerdasan emosional dan disposisi matematis peserta didik terhadap hasil belajar kognitif matematika di kelas XI MA NU 10 Sukorejo. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (82kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (948kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (888kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (68kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Pengambilan subjek penelitian dengan cara penelitian populasi atau sensus, yaitu seluruh populasi kelas XI yang hanya terdiri dari satu kelas dengan jumlah 28 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket untuk memperoleh data kecerdasan emosional sebagai variabel X1 dan disposisi matematis sebagai variabel X2 sedangkan metode dokumentasi untuk memperoleh data hasil belajar kognitif matematika yaitu nilai murni ujian akhir sekolah semester gasal tahun pelajaran 2015/2016 sebagai variabel Y. Uji validitas dan reliabilitas instrumen angket digunakan pada kelas uji coba sebelum angket dibagikan untuk penelitian sedangkan uji normalitas digunakan untuk mengetahui pengolahan data menggunakan statistik parametris atau non parametris.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional peserta didik terhadap hasil belajar kognitif matematika dari analisis uji hipotesis X1 terhadap Y diketahui bahwa F_hitung=13,158 dan F_tabel=4,225 sehingga F_hitung≥F_tabel , maka terdapat pengaruh secara signifikan dan besarnya koefisien determinasi adalah 0,336. Artinya variabel kecerdasan emosional peserta didik X1 memengaruhi variabel hasil belajar kognitif matematika Y secara signifikan sebesar 33,60%. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara disposisi matematis peserta didik terhadap hasil belajar kognitif matematika dari analisis uji hipotesis X2 terhadap Y diketahui bahwa F_hitung=12,203 dan F_tabel=4,225 sehingga F_hitung≥F_tabel , maka terdapat pengaruh secara signifikan dan besarnya koefisien determinasi adalah 0,3194. Artinya variabel disposisi matematis peserta didik X2 memengaruhi variabel hasil belajar kognitif matematika Y secara signifikan sebesar 31,94%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Minhayati Saleh, M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosional; Disposisi matematis; Hasil belajar; Matematika; Aspek Kognitif |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 00:40 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 00:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/5898 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year