Hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan kemampuan menulis ayat Al-Qur’an siswa MTs NU Darussalam Kecamatan Mijen Kota Semarang 2015/2016

Kholiq, Abdul (2015) Hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan kemampuan menulis ayat Al-Qur’an siswa MTs NU Darussalam Kecamatan Mijen Kota Semarang 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (752kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (660kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (162kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, peneliti memaparkan 3 permasalahan antara lain: Bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an siswa MTs Darussalam Ngadirgo kecamatan Mijen kota Semarang tahun ajaran 2015/2016, bagaimana kemampuan menulis ayat Al-Qur’an siswa MTs Darussalam Ngadirgo kecamatan Mijen kota Semarang tahun ajaran 2015/2016dan adakah Hubungan antara antara kemampuan membaca Al-Qur’an dan kemampuan menulis ayat Al-Qur’an siswa MTs Darussalam Ngadirgo kecamatan Mijen Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016.
Adapun metode penelitian ini memerlukan beberapa hal yaitu desain penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, variabel dalam skripsi ini ada 2 yaitu Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswadan Kemampuan Menulis Ayat Al-Qur’an siswa, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah 78 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dari populasi yang ada dengan taraf 51% yaitu 40 siswa. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data berupa tes kemampuan. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar yaitu 0,866 dan 0,561> rtabel (0,444), dengan demikian dinyatakan reliabel.Kemudian mengolah data yang telah di dapat dengan menggunakan rumus product moment sehingga dapat diketahui hasil dari penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an siswa (X)dalam kategori cukup dengan ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 43,95 dan standar deviasi sebesar 4,169. Sementara kemampuan menulis ayat Al-Qur’an siswa temasuk dalam kategori cukup dengan ditunjukkan oleh nilai rata-rata sebesar 32,65 dan standar deviasi sebesar 2,348, hal ini masuk dalam kategori cukup.
Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan membaca Al-Qur’an siswa terhadap kemampuan menulis ayat Al-Qur’an siswa MTs NU Darussalam Kecamatan Mijen Kota Semarang tahun pelajaran 2015/2016, peneliti menggunakan uji korelasi product moment. Dari perhitungan uji korelasi product moment, diperoleh indeks korelasi sebesar r_xy= 0,236. Setelah diperoleh indeks korelasi, kemudian dikonsultasikan dengan r_tabel pada taraf signifikansi 5% dan 1 % dengan df sebesar 38 dengan asumsi, jika r_xy>r_tabelberarti signifikan artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Karena r_xy (0,236)<r_tabel (2,7116)dan (2,0244) pada taraf signifikan 5% dan 1%, berarti signifikan artinya Ha ditolak.Jika di interpretasikan pada tabel skala penafsiran koefisien korelasi, maka tingkat hubungan antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an siswa terhadap Kemampuan Menulis Ayat Al-Qur’an siswa di MTs NU Darussalam Kecamatan Mijen Kota Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 adalah rendah. Adapun perhitungan Koefisien Determinan bahwa variabel X (Kemampuan Membaca Al-Qur’an) memberi kontribusi atau sumbangan 5,57% terhadap variabel Y (Kemampuan Menulis Ayat Al-Qur’an).
Dari hasil thitung tersebut dikonsultasikan pada ttabel pada uji dua pihak dan dk = 40-2 = 38 pada taraf signifikansi 1% dan 5% yaitu 2.7116 dan 2.0244. Maka dapat dikatakan tidak signifikan karena thitung>ttabelyaitu 1,500 <2.0244<2.7116. Dari hasil penelitian yang ada menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Ydengan indeks korelasi sebesar rxy= 0,236 jika di interpretasikan pada tabel skala penafsiran koefisien korelasi, maka tingkat hubungan kemampuan membaca Al-Qur’an dengan kemampuan menulis Al-Qur’an adalah rendah. Jadi kesimpulannya “Tidak terdapat Hubungan antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Kemampuan Menulis Al-Qur’an siswa MTs NU Darussalam Kecamatan Mijen Kota Semarang tahun ajaran 2015/2016”

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Hj. Nur Asiyah, S. Ag., MSI.; Drs. H. Karnadi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Baca tulis Al-Quran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 03 Nov 2016 07:51
Last Modified: 03 Nov 2016 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6037

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics