Manajemen peningkatan mutu guru di Sekolah Alam Auliya Kendal

Masruroh, Iva (2016) Manajemen peningkatan mutu guru di Sekolah Alam Auliya Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (196kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (79kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (970kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Strategi manajemen peningkatan mutu guru dalam Sekolah Alam Auliya Kendal. Kajiannya dilatarbelakangi oleh sebuah mutu guru yang dimana seorang guru menentukan pendidikan yang bermutu dan mencetak lulusan yang sesuai dengan tujuan pendidikan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan strategi peningkatan mutu guru di Sekolah Alam Auliya Kendal ? (2) Bagaimana strategi peningkatan mutu guru di Sekolah Alam Auliya Kendal ? (3) Bagaimana strategi evaluasi peningkatan mutu guru di Sekolah Alam Auliya Kendal ?. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di Sekolah Alam Auliya Kendal. Penelitian merupakan penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendiskripsikan tentang strategi manajemen peningkatan mutu guru dengan pendekatan kualitataif metode deskriptif yaitu memecah masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan objek penelitian pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta atau apa adanya. Datanya diperoleh dengan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan pendekatan analisis deskriptif menggunakan logika induksi dan deduksi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) dalam tahap perencanaan peningkatan mutu guru di Sekolah Alam Auliya, didasarkan pada visi misi Sekolah kemudian merencanakan sebuah program-program pelatihan untuk guru. perencanaan peningkatan mutu guru semuanya dirancang oleh pihak yayasan sendiri, yang dimana program-program tersebut ditujukan untuk semua guru untuk mengembangkan kompetensi guru dan menjadikan guru bermutu. Tidak hanya bermutu, tetapi juga menjadikan guru hebat. (2) pelaksanaan peningkatan mutu guru di Sekolah Alam Auliya didasarkan pada strategi atau dengan cara eksternal dan internal. Peningkatan mutu guru dengan cara eksternal seperti mengikuti kegiatan pelatihan yang diadakan oleh pihak luar seperti Diknas dan lembaga yang lain. Kemudian internal dengan cara mengadakan kegiatan pelatihan sendiri di Sekolah Alam Auliya Kendal. Dari kedua cara tersebut mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk meningkatkan kualitas guru dan menjadikan guru bermutu dan hebat. (3) evaluasi dari pelaksanaan peningkatan mutu guru tersebut sama halnya dengan pelaksanaan, yaitu dengan menggunakan cara eksternal dan internal. Secara eksternal evaluasi dilakukan oleh pihak pusat Sekolah Alam dengan memonitoring langsung dan juga dengan menggunakan via e-mail. Secara internal evaluasi dilakukan oleh pihak yayasan dengan kepala sekolah dengan memonitoring langsung dari hasil pelatihan yang telah dilaksanakan. Kemudian hasil dari evaluasi tersebut adalah pembaharuan, yang dimana hasilnya dapat diterapkan dan diaplikasikan di dalam pembelajaran dan pendidikan.
Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pendidik atau guru terutama dalam meningkatkan kualitasnya dan mengembangkan potensi yang diimilikinya. Agar tercipta lembaga pendidikan yang bermutu dan mencetak lulusan yang sesuai dengan tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Dr. Musthofa Rahman, M. Ag.; Dr. Fahrurrozi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Manajemen mutu; Guru; Seklah alam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 12 Nov 2016 02:48
Last Modified: 12 Nov 2016 02:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6057

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics