Keefektifan penggunaan media pembelajaran komik sains terhadap hasil belajar IPA materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya siswa kelas V di MI Miftakhul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang 2015/2016

Ngasorotun Kh., Ulfa (2016) Keefektifan penggunaan media pembelajaran komik sains terhadap hasil belajar IPA materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya siswa kelas V di MI Miftakhul Akhlaqiyah Ngaliyan Semarang 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (718kB) | Preview
[thumbnail of BAB  I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of BAB  II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (663kB) | Preview
[thumbnail of BAB  III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan posttest only control design. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling jenisnya sampling jenuh dengan jumlah 58 peserta didik, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan dokumen dan tes. Kelas eksperimen diberi pelakuan dengan media pembelajaran komik sains, dan kelas kontrol dengan metode ceramah. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik uji perbedaan rata-rata di kelas eksperimen dan di kelas kontrol dengan uji t.
Hasil data penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar materi penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya pada kelas eksperimen adalah 85,38, sedangkan rata-rata hasil belajar kelas kontrol adalah 75,72. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t diperoleh thitung = 3,13, sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka perbedaan rata-rata tersebut signifikan. Hal ini juga ditunjukkan dengan hasil uji gain kelas kontrol diperoleh gain 0,13, sedangkan kelas eksperimen diperoleh gaini 0,50, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik sains dalam pembelajaran IPA materi pokok penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungannya efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; Komik sains; Hasil belajar; Sains untuk pendidikan dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 18 Nov 2016 07:44
Last Modified: 03 Jul 2021 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6097

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics