Studi korelasi antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VI mata pelajaran Matematika di MI Ianatussshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Salamah, Zulia Nur (2016) Studi korelasi antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VI mata pelajaran Matematika di MI Ianatussshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123911117.pdf - Accepted Version
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi siswa
tentang kompetensi guru 2) Prestasi belajar matematika di kelas VI MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang 3) Hubungan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa kelas VI mata pelajaran matematika di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang. Pada penelitian ini yang menjadi variabel X adalah persepsi siswa tentang kompetensi guru, sedangkan yang menjadi variabel Y adalah prestasi belajar Matematika. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi. Data dikumpulkan
menggunakan metode : 1) Angket 2) Dokumentasi 3) wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Persepsi siswa MI
Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang berada dalam kondisi baik, dengan nilai rata-rata yang diperoleh 105 yang berada pada interval 103-109; dengan rentang nilai 1-114. 2) Prestasi belajar siswa kelas VI mata pelajaran matematika di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang berada dalam kondisi yang baik, terbukti dengan nilai rata-rata yang diperoleh 73,23. 3) Hubungan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar
siswa kelas VI mata pelajaran matematika di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang, analisis yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi, hasil analisis menunjukkan bahwa: terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran matematika kelas
VI di MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang
ditunjukkan oleh koefisien rxy = 0,569, angka ini lebih besar dari r tabel baik pada taraf signifikansi 1% diperoleh rtabel= 0,463 maupun 5% diperoleh nilai rtabel = 0,361 (0,569 > 0,463 > 0,361). Melalui fungsi taksiran Y = -2,4333 + 0,721X. Pada perhitungan Freg = 13,379, Ftabel
residual 30 dengan df = 1 diperoleh hasil Ftabel 5% = 4,20 dan Ftabel 1% = 7,64. apabila Freg > Ftabel , maka Ha diterima dan apabila Freg < Ftabel maka Ha ditolak. Dari hasil perhitungan bahwa nilai Freg lebih besar dari Ftabel 5% dan Ftabel 1% (13,379 > 7,64 > 4,20 ), maka Ha diterima atau ada hubungan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru dengan prestasi belajar siswa kelas VI MI Ianatusshibyan Mangkangkulon Tugu Semarang Tahun Pelajaran
2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi guru; Prestasi belajar; Matematika untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 15 Dec 2016 00:24 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 03:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6216 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year