Penerapan eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V MI Falahiyyah Rowosari Tembalang Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Suprapti, Suprapti (2016) Penerapan eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi pesawat sederhana pada siswa kelas V MI Falahiyyah Rowosari Tembalang Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (519kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (171kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (643kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (377kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (488kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (21kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (13kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Telah dilaksanakan penelitian PTK di MI Falahiyyah Rowosari materi pesawat sederhana. Rumusan masalah yang diangkat adalah apakah penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Falahiyyah Rowosari, dengan indikator keberhasilan 80% siswa telah memperoleh nilai minimal 65 (sesuai ketentuan KKM dari sekolah).
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas V MI Falahiyyah Rowosari yang berjumlah 18 siswa. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang diketahui dari hasil evaluasi yang dilaksanakan setiap akhir siklus. Ketuntasan belajar dianalisis dengan menggunakan hasil skor evaluasi yang dilaksanakan disetiap siklus menggunakan kriteria ketuntasan belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Falahiyyah Rowosari. Berdasarkan hasil penelitian ini, pada tahap pra siklus nilai rata-rata yang diperoleh siswa masih 67 dengan ketuntasan klasikal 61%, pada siklus I meningkat menjadi 71,11 dengan ketuntasan klasikal sebesar 72% pada siklus II nilai rata-rata lebih meningkat menjadi 78,89% dengan ketuntasan klasikal sebesar 83%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Falahiyyah Rowosari pada pembelajaran IPA materi pesawat sederhana. Penggunaan metode eksperimen sebagai salah satu bentuk variasi dalam pemilihan metode pembelajaran untuk mata pelajaran IPA di kelas V MI Falahiyyah Rowosari dan guru lebih aktif dalam pemilihan metode yang tepat dalam pembelajaran yang lain selain yang digunakan sehari-hari, salah satunya dengan menggunakan metode eksperimen.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Eksperimen; Sains untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 07 Feb 2017 04:02 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 10:32 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6406 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year