Upaya guru dalam mengatasi problematika belajar PAI peserta didik di SMP N 1 Lasem Kabupaten Rembang

Khoiriyah, Siti (2016) Upaya guru dalam mengatasi problematika belajar PAI peserta didik di SMP N 1 Lasem Kabupaten Rembang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (534kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV .pdf]
Preview
Text
BAB IV .pdf - Accepted Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (168kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar PAI peserta didik di SMP N 1 Lasem Kabupaten Rembang. Tujuan dari peneliti ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi siswa SMP N 1 Lasem Kabupaten Rembang dalam belajar pendidikan agama Islam; (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar pendidikan agama Islam yang dihadapi oleh peserta didik di SMP N 1 Lasem Kabupaten Rembang; (3) Untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi kesulitan belajar pendidikan agama Islam di SMP N 1 lasem Kabupaten Rembang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan berfikir induktif. Pendekatan berfikir induktif adalah pendekatan yang berangkat dari fakta-fakta khusus peristiwa yang kongkret, kemudian dari fakta atau peristiwa yang khusu dan konkret itu ditarik generalisasi-generalisasi yang mempunyai sifat umum. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu kurang lancar dalam membaca arab, terutama membaca Al Qur’an dan rendahnya minat belajar PAI peserta didik (2) Faktor yang menyebabkan peserta didik kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam antara lain: faktor intern, minat peserta didik, motivasi peserta didik, kesiapan peserta didik. Faktor ekstern, keluarga, kurang adanya kesadaran dari orang tua untuk lebih mementingkan pendidikan agama. Masyrakat, mass media(3) Adapun Upaya guru dalam mengatsai kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam meliputi: Menggunakan berbagai macam bentuk dan teknik mengajar.Tambahan ekstra kulikuler BTQ,dengan metode privat (face to face). Sehingga peserta didik langsung mendapat arahan dari pendidik. Menghubungkan bahan pelajaran yang diberikan dengan persoalan yang dialami siswa. Menjadikan lingkungan belajar yang kreatif dan kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Abdul Rohman, M. Ag.; Aang Kunaepi, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Apr 2017 06:59
Last Modified: 06 Apr 2017 06:59
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6637

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics