Pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional (studi terhadap mahasiswa PGMI angkatan 2012 FITK UIN Walisongo Semarang)
Syarifah, Azimatus (2016) Pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional (studi terhadap mahasiswa PGMI angkatan 2012 FITK UIN Walisongo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123911039_COVER.pdf - Cover Image
Download (489kB) | Preview
123911039_BAB I.pdf - Accepted Version
Download (272kB) | Preview
123911039_BAB II.pdf - Accepted Version
Download (607kB) | Preview
123911039_BAB III.pdf - Accepted Version
Download (488kB) | Preview
123911039_BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (447kB) | Preview
123911039_BAB V.pdf - Accepted Version
Download (194kB) | Preview
123911039_Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional pada mahasiswa jurusan PGMI angkatan 2012 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan teknik analisis regresi. Dalam pengambilan data penelitian ini menggunakan random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 30 mahasiswa PGMI angkatan 2012. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan metode kuisioner. Metode kuesioner digunakan untuk mengetahui data tentang dua variabel yaitu motivasi belajar dan kesiapan menjadi guru profesional.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh positif motivasi belajar terhadap kesiapan menjadi guru profesional studi terhadap mahasiswa PGMI angkatan 2012.
Berdasarkan hasil penelitian rata-rata motivasi belajar sebesar 76,26 adalah pada interval 69,76- 82,77, dengan kategori baik. Dan kesiapan menjadi guru profesional yaitu pada rata-rata 80,7 adalah pada interval 74,92- 86,48, dengan kategori baik. Terbukti hasil perhitungan Fhitung =69,39 lebih besar jika dibandingkan dengan angka pada nilai Ftabel dengan db=1 pada taraf signifikan 5% (69,39 > 4,18) maupun pada taraf signifikan 1% (69,39>7,59). Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan yang berbunyi: ‘’Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar mahasiswa terhadap kesiapan menjadi guru profesional’’ dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar; Guru profesional |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 27 Apr 2017 06:31 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 09:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6760 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year