Analisis kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bulungan 1 Pakis Aji Jepara

Jannah, Latifatul (2016) Analisis kemampuan menulis karangan sederhana siswa kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Bulungan 1 Pakis Aji Jepara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of cover, abstrak,daftar isi,dll (2).pdf]
Preview
Text
cover, abstrak,daftar isi,dll (2).pdf - Cover Image

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1 CIAP CETAK.pdf]
Preview
Text
BAB 1 CIAP CETAK.pdf - Accepted Version

Download (174kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2 CIAP CETAK.pdf]
Preview
Text
BAB 2 CIAP CETAK.pdf - Accepted Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3 CIAP CETAK.pdf]
Preview
Text
BAB 3 CIAP CETAK.pdf - Accepted Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4 CIAP CETAK.pdf]
Preview
Text
BAB 4 CIAP CETAK.pdf - Accepted Version

Download (777kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5 CIAP CETAK.pdf]
Preview
Text
BAB 5 CIAP CETAK.pdf - Accepted Version

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 1 new.pdf]
Preview
Text
Lampiran 1 new.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis kemampuan siswa kelas III dalam menulis karangan sederhana dan juga proses pembelajaran yang berlangsung. Penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini didapat dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam melatih siswa kelas III untuk menulis karangan sederhana, siswa diminta melakukan 2 kegiatan. yaitu berlatih membuat kalimat dengan satu kata dasar dan berlatih membuat cerita pengalaman pribadi yang pernah dialaminya. Terkadang setelah menulis siswa diminta membacakannya didepan kelas..(2) Kemampuan siswa kelas III dalam menulis karangan sederhana sudah baik, dengan penulisan yang dapat dibaca dengan jelas dan penggunaan tanda baca yang sebagian besar sudah menggunakannya dengan tepat. Tanda baca yang sering digunakan adalah titik, koma, dan tanda tanya. Motivasi dari guru untuk siswa sangat dibutuhkan. Motivasi dalam bentuk pujian sederhana sangat dibutuhkan siswa agar semakin terpacu semangatnya. Dengan sering memberkan motivasi dan pelatihan-pelatihan dalam membuat karangan sederhana maka perkembangan menulis karangan sederhana siswa kelass III akan semakin bagus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ketrampilan menulis; Karangan sederhana
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 02 May 2017 06:51
Last Modified: 26 Jun 2021 03:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6789

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics