Pengaruh Metode A Ba Ta Tsa terhadap Motivasi Belajar Membaca Al-Quran pada Siswa Kelas I di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013
Taufik, Mohamad (2013) Pengaruh Metode A Ba Ta Tsa terhadap Motivasi Belajar Membaca Al-Quran pada Siswa Kelas I di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083111090_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (1MB) | Preview
083111090_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (56kB) | Preview
083111090_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (135kB) | Preview
083111090_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (58kB) | Preview
083111090_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (155kB) | Preview
083111090_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
083111090_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (9kB) | Preview
Abstract
Pengaruh Metode A Ba Ta Tsa Terhadap Motivasi Belajar Membaca Al-Quran Pada Siswa Kelas I Di Sdit Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2012/2013
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bagaimana proses pembelajaran Al-Quran dengan metode A BA TA TSA pada kelas I di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang Tahun Pelajaran 2011-2012, 2) Penelitian ini bertujuan untuk menelaah pengaruh metode A BA TA TSA terhadap motivasi belajar membaca A-Quran siswa kelas I di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang tahun pelajaran 2011-2012.
Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, angket, observasi dan interview. Subjek penelitian sebanyak 60 responden, menggunakan teknik sampling jenuh.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan anailisi regresi. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan antar metode A Ba Ta Tsa terhadap motivasi belajar membaca Al-Quran pada kelas I di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang. Hal ini dapat dilihat dari rxy sebesar 0, 719 , sehingga rxy > Rtabel (1% dan 5%) yaitu (0,719>0,250>0,325), dengan = 51,7%. Artinya r hitung lebih besar daripada r tabel taraf signifikansi 1% dan 5% dengan korelasi determinasi sebesar 51,7%. Dengan demikian ada korelasi positif antara metode A Ba Ta Tsa dengan motivasi belajar membaca Al-Quran, artinya semakin tinggi penerapan metode A Ba Ta Tsa semakin tinggi pula motivasio belajar membaca Al-Quran, setiap penambahan 1 satuan metode A Ba Ta Tsa akan menaikan motivasi belajar membaca Al-Quran siswa kelas I di SDIT Cahaya Bangsa Mijen Semarang. Hal ini dapat dilihat.
Berdasarkan perhitungan yang diperoleh Freg = 61,97 >Ftabel1% = 7,093 dan Ftabel 5%=4,007 . artinya F regresi lebih besar dari F tabel pada taraf signifikansi 1%dan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis terdapat pengaruh metode A Ba Ta Tsa terhadap motivasi belajar Membaca Al-Quran siswa kelas I di SDIT CAhaya Bangsa Mijen Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode A Ba Ta Tsa; Motivasi Belajar; Membaca Al-Quran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Farid Ma'ruf |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 06:16 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 06:16 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/682 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year