Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok perkalian dengan menggunakan metode demonstrasi berbantu media benda konkrit di kelas II MI Sultan Agung 03 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati tahun pelajaran 2015/2016
Rahmawati, Naily (2016) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pokok perkalian dengan menggunakan metode demonstrasi berbantu media benda konkrit di kelas II MI Sultan Agung 03 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
1. COVER.pdf - Accepted Version
Download (348kB) | Preview
2. BAB I.pdf - Accepted Version
Download (329kB) | Preview
3. BAB II.pdf - Accepted Version
Download (494kB) | Preview
4. BAB III.pdf - Accepted Version
Download (380kB) | Preview
5. BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (475kB) | Preview
6. BAB V.pdf - Accepted Version
Download (9kB) | Preview
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (217kB) | Preview
8. LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Download (959kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: “Apakah penggunaan metode demonstrasi berbantu media benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran matematika materi pokok perkalian di kelas II MI Sultan Agung 03 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati tahun pelajaran 2015/ 2016?”
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui metode tes, observasi, dan dokumentasi hasil tindakan maupun data dari sekolah, sehingga dengan penelitian tindakan kelas ini akan diketahui peningkatan atau penurunan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode demonstrasi berantu media benda konkrit pada mata pelajaran Matematika materi pokok perkalian di kelas II MI Sultan Agung 03 Pati. Peningkatan keaktifan dan hasil belajar dapat dilihat tabel observasi yaitu siklus ke I sebesar 62,5%, pada siklus ke II meningkat menjadi 81,38%. dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 31,25%, pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 56,25%, dan pada siklus II meningkat sebesar 87,50%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan secara keseluruhan bahwa metode demonstrasi berbantu media benda konkrit dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pokok perkalian di kelas II MI Sultan Agung 03 Pati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Matematika; Perkalian; Metode Pembelajaran; Metode Demonstrasi; Media pembelajaran |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 02 Jun 2017 04:34 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 02:14 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6926 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year