Kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran di MI Miftahul Huda Kangkung Mranggen Demak

Lestari, Rajefi Ambar (2016) Kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran di MI Miftahul Huda Kangkung Mranggen Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1 Cover depan.pdf]
Preview
Text
1 Cover depan.pdf - Accepted Version

Download (782kB) | Preview
[thumbnail of 2 BAB 1.pdf]
Preview
Text
2 BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 3 BAB 2.pdf]
Preview
Text
3 BAB 2.pdf - Accepted Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of 4 BAB 3.pdf]
Preview
Text
4 BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 5 BAB 4.pdf]
Preview
Text
5 BAB 4.pdf - Accepted Version

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of 6 BAB 5.pdf]
Preview
Text
6 BAB 5.pdf - Accepted Version

Download (16kB) | Preview
[thumbnail of 7 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 8 LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (779kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kompetensi guru menggunakan media pembelajaran. Kajiannya dilatarbelakangi oleh guru kesulitan menggunakan media, guru kesulitan menentukan media yang tepat, nilai belajar siswa dibawah KKM. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana kompetensi guru menggunakan media pembelajaran? (2) Bagaimana meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran?
Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Datanya dianalisis dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi guru menggunakan media pembelajaran termasuk kategori kurang baik. Hal ini disebabkan karena guru kurang terampil dalam menggunakan media, sebagian besar guru masih kesulitan dalam memilih dan menentukan media pembelajaran yang cocok dengan materi serta tujuan pembelajaran, karakteristik siswa yang berbeda-beda, keterbatasan jumlah media. Serta guru kekurangan dana dalam membuat media pembelajaran sendiri. (2) Peningkatan kompetensi guru menggunakan media pembelajaran dapat dilakukan dengan mengikutsertakan dalam KKG, mengikuti pelatihan pembuatan media, menghadiri seminar serta melakukan diskusi.
Hendaknya guru lebih mengembangkan potensi masing-masing, termasuk keterampilan dalam memanfaatkan media. Bagi Kepala Madrasah diharapkan dapat lebih memperhatikan kompetensi guru terutama dalam penguasaan dan penggunaan media pembelajaran. Kepala Madrasah lebih mengaktifkan guru untuk memperbarui pengetahuannya tentang penggunaan media khususnya penggunaan media berbasis teknologi dan informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; Media pembelajaran; Mutu pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:43
Last Modified: 26 Jun 2021 04:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6934

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics