Pengelolaan manajemen risiko layanan mobile banking pada Bank Syariah Mandiri KC Ungaran
Arribaat, Salma Khoirunnisaa’ (2017) Pengelolaan manajemen risiko layanan mobile banking pada Bank Syariah Mandiri KC Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (581kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (504kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (301kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (371kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (448kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (164kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (145kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (441kB) | Preview
Abstract
Mobile Banking merupakan sistem layanan mobile berbasis internet untuk mendukung kelancaran dan kemudahan nasabah dalam melakukan sejumlah transaki keuangan secara efektif dan efisien. Bank Syariah Mandiri adalah salah satu bank yang menyediakan layanan mobile banking yang dinamakan BSM Mobile. Disamping memberikan banyak manfaat bagi nasabah, mobile banking juga berpotensi meningkatkan risiko. Pokok permasalahan dalam penelitian ini “bagaimana manajemen risiko layanan mobile banking pada Bank Syariah Mandiri KC Ungaran?”. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai manajemen risiko layanan mobile banking khususnya pada Bank Syariah Mandiri KC ungaran.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder yang didapat menggunakan pengumpulan data dengan wawancara (interview) dan dokumentasi. Setelah terkumpul data tersebut dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Kesimpulan bahwa dalam penerapan manajemen risiko layanan BSM Mobile, Bank Syariah Mandiri KC Ungaran telah mengacu pada PBI No. 13/23/PBI/2011 dan POJK No. 65/POJK.03/2016 tentang Penerapan Manajemen Risiko bagi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah. Selain itu, Bank Syariah Mandiri meminimalisir risiko dengan memberikan tips-tips aman pada nasabah dalam penggunaan BSM Mobile yaitu diantaranya dengan menjaga informasi rahasia akun bank, menghindari mengunduh software palsu pada application store, waspada terhadap e-mail, SMS dan telepon tidak dikenal, menghubungi customer service bank jika terjadi kejanggalan pada rekening, mengkonfirmasi penerima uang dan rutin mengecek rekening nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen risiko; Mobile banking |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 13 Oct 2017 04:03 |
Last Modified: | 12 Feb 2022 07:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7380 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year