Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang tahun pelajaran 2016/2017
Sholikhah, Mardhiatun (2017) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (888kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (173kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (314kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (372kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (265kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (188kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (81kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar peserta didik kelas di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah. Kajiannya dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang salah satunya dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Seberapa besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar Matematika peserta didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017? Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian yang dilaksanakan di MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang di kelas IV sebagai sumber penelitian dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil elajar peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif lapangan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Datanya diperoleh dengan cara membagikan angket dan studi dokumentasi. Subyek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang sebanyak 24 responden. Dari data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang tahun pelajaran 2016/2017.Dari hasil perhitungan regresi menunjukan hasil yang signifikan. Hasil perhitungan regresi diperoleh Ftabel= 4,30 dan harga Freg = 6,3190. Jika dibandingkan maka Freg>Ftabel. Hal ini ditunjukan dengan persamaan garis regresi Ŷ=43,146+0,423X dan sumbangan relative sebesar 22,31%. Sehingga dapat dikatakan bahwa Kedisiplinan belajar berpengaruh posistif terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV MI Miftahus Sibyan Tugu Semarang tahun pelajaran 2016/2017.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para guru maupun orang tua, terutama dalam memberikan dorongan dan semangat kepada para siswa agar senantiasa meningkatkan belajarnya. Bagi akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan; Hasil belajar; Matematika untuk pendidikan dasar |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 28 Oct 2017 03:56 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 03:02 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7465 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year