Pengaruh kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka (studi di Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang mahasiswa angkatan 2013)

Azizah, Azizah (2017) Pengaruh kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka (studi di Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang mahasiswa angkatan 2013). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (537kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (347kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (340kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (645kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persoalan layanan di perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yaitu pelayanan yang kurang efisien, petugas kurang ramah, dan rendahnya ketrampilan pustakawan dalam mengelola perpustakaan. Permasalahannya ialah: (1) saberapa besarkah pengaruh kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka; (2) Adakah pengaruh yang signifikan antara pengaruh kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expose facto. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi sederhana.
Hasil penelitian: (1) Hubungan antara kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka sebesar 0,699, sedangkan determinasinya sebesar 48,9%. Sementara persamaan regresi sederhananya Ŷ = 3,97 + 0,305x dengan koefisien regresinya sebesar 0,305 dimana dapat dinyatakan bahwa kenaikan satu variabel X akan diikuti sebesar 0,305 variabel Y. (2) Terdapat signifikansi antara kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka ditunjukkan dengan hasil uji Fh sebesar 128,305 lebih besar dari Ftabel (3,91) pada taraf signifikansi 5% dan Ftabel(6,82) pada taraf signifikansi 1%.
Kesimpulan: suatu kualitas layanan dapat dilihat dari keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik yang terpenuhi. Dengan adanya kualitas tersebut akan menciptakan suatu kepuasan bagi pemustaka.
Saran: pertama, petugas perpustakaan diikutkan dalam pelatihan-pelatihan cara pengelolaan perpustakaan. kedua, petugas perpustakaan diharapkan lebih empati dalam memberikan layanan baik dari sisi keramahan, kesabaran, dan sikap adil kepada para pemustaka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Nur Uhbiyati, M. Pd.; Dr. Fatkuroji M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Layanan perpustakaan; Pustakawan; Kepuasan pemustaka
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 06 Nov 2017 04:54
Last Modified: 06 Nov 2017 04:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7482

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics