Pengaruh kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka (studi di Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang mahasiswa angkatan 2013)
Azizah, Azizah (2017) Pengaruh kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka (studi di Perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang mahasiswa angkatan 2013). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (537kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (347kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (178kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (340kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (645kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (160kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (150kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Persoalan layanan di perpustakaan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yaitu pelayanan yang kurang efisien, petugas kurang ramah, dan rendahnya ketrampilan pustakawan dalam mengelola perpustakaan. Permasalahannya ialah: (1) saberapa besarkah pengaruh kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka; (2) Adakah pengaruh yang signifikan antara pengaruh kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif expose facto. teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dan regresi sederhana.
Hasil penelitian: (1) Hubungan antara kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka sebesar 0,699, sedangkan determinasinya sebesar 48,9%. Sementara persamaan regresi sederhananya Ŷ = 3,97 + 0,305x dengan koefisien regresinya sebesar 0,305 dimana dapat dinyatakan bahwa kenaikan satu variabel X akan diikuti sebesar 0,305 variabel Y. (2) Terdapat signifikansi antara kualitas layanan pustakawan terhadap kepuasan pemustaka ditunjukkan dengan hasil uji Fh sebesar 128,305 lebih besar dari Ftabel (3,91) pada taraf signifikansi 5% dan Ftabel(6,82) pada taraf signifikansi 1%.
Kesimpulan: suatu kualitas layanan dapat dilihat dari keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik yang terpenuhi. Dengan adanya kualitas tersebut akan menciptakan suatu kepuasan bagi pemustaka.
Saran: pertama, petugas perpustakaan diikutkan dalam pelatihan-pelatihan cara pengelolaan perpustakaan. kedua, petugas perpustakaan diharapkan lebih empati dalam memberikan layanan baik dari sisi keramahan, kesabaran, dan sikap adil kepada para pemustaka.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Prof. Dr. H. Nur Uhbiyati, M. Pd.; Dr. Fatkuroji M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Layanan perpustakaan; Pustakawan; Kepuasan pemustaka |
Subjects: | 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 025 Library operations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 04:54 |
Last Modified: | 06 Nov 2017 04:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7482 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year