Pengaruh intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Zulfa, Alfina (2017) Pengaruh intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (875kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (387kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (529kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (469kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (812kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (160kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (148kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (5MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang intensitas supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana intensitas supervisi akademik kepala madrasah di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? (3) Seberapa besar pengaruh intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di semua Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 12 MI.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data statistik. Dalam penelitian ini responden sebanyak 44 guru. Instrumen angket sebelum digunakan untuk memperoleh data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Setelah dilakukan uji instrumen kemudian peneliti menyebar angket untuk memperoleh data X dan Y. Selanjutnya hasil dari perhitungan statistik dengan koefisien korelasi dan analisis regresi, dimana terdapat korelasi yang positif antara intensitas supervisi akademik (X) terhadap kinerja guru agama (Y), hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi 0,630>(0,297) pada taraf signifikansi 5% dan (0,384) pada taraf signifikansi 1% yang berarti signifikan. Sementara itu, uji F sebesar 27,664>(4,07) pada taraf signifikansi 5% dan (7,27) pada taraf signifikansi 1%, maka dalam hal ini dapat berarti signifikan. Dengan demikian dapat diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara intensitas supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru agama di MI se-Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Mustaqim, M. Pd.; Mukhamad Rikza, MSI. |
Uncontrolled Keywords: | Kepala sekolah; Kinerja guru; Supervisi pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 06 Nov 2017 04:56 |
Last Modified: | 06 Nov 2017 04:56 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7485 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year