Kemampuan pemecahan masalah dilihat dari teori Van Hiele siswa kelas V materi volume kubus dan balok di SD Hj Isriati Baiturahman 2 tahun ajaran 2017/2018

Farida, Lathifatun Nur (2018) Kemampuan pemecahan masalah dilihat dari teori Van Hiele siswa kelas V materi volume kubus dan balok di SD Hj Isriati Baiturahman 2 tahun ajaran 2017/2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat berfikir siswa kelas V SD Hj Isriati Baiturhman 2 tentang materi volume kubus dan balok menurut Teori Van Hiele, dan untuk mengetahui deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika kelas V D SD Hj Isriati Baiturhman 2. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 6 siswa kelas V SD Hj Isriati Baiturhman 2 Kalipancur Semarang tahun ajaran 2017/2018. Data yang digunakan adalah rekaman hasil wawancara dan hasil tes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Siswa level 0 (Visualisasi) dalam memecahkan masalah sesuai dengan tahap Polya berada pada tahap 1 dan 2, yang berarti siswa sudah mampu memahami masalah, akan tetapi siswa belum mampu menyusun rencana penyelesaian, merencanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. 2) siswa level 1 (Analisis) dalam memecahkan masalah sesuai dengan tahap Polya siswa berada pada tahap 3, yang berarti siswa sudah mampu dalam memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian dan merencanakan rencana penyelesaian, akan tetapi siswa belum mampu dalam memeriksa kembali. 3) Siswa level 2 (Pengurutan) dalam memecahkan masalah sesuai dengan tahap Polya siswa berada pada tahap 4, yanng berarti siswa mampu dalam empat tahapan Polya yaitu memahami masalah, menyusun rencana penyelesaian, merencanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemecahan masalah; Pembelajaran matematika; Teori Van Hiele; Kubus dan Balok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fuad Hasyim
Date Deposited: 26 Dec 2018 08:05
Last Modified: 29 May 2021 04:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8850

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics