Studi tentang Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran oleh Guru Fisika di MAN Pemalang

Septiani, Lita (2012) Studi tentang Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran oleh Guru Fisika di MAN Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083611011_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083611011_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of 083611011_Bab1.pdf]
Preview
Text
083611011_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 083611011_Bab2.pdf]
Preview
Text
083611011_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 083611011_Bab3.pdf]
Preview
Text
083611011_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of 083611011_Bab4.pdf]
Preview
Text
083611011_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of 083611011_Bab5.pdf]
Preview
Text
083611011_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (27kB) | Preview
[thumbnail of 083611011_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083611011_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (9kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi pembelajaran Fisika yang diterapkan di MAN Pemalang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode berfikir induktif. Adapun proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, dokumentasi, dan metode wawancara.
Hasil penelitian dapat dijabarkan menjadi tiga tahap. Pertama pada perencanaan, evaluasi telah dirumuskan dengan matang. Hal ini bisa dilihat pada program pembelajaran guru, baik pada program semester maupun pada Rencana Pelaksanaan pembelajaran yang secara rinci mencantumkan perencanaan waktu pelaksanaan evaluasi, pembagian evaluasi berdasarkan tujuan dan ruang lingkupnya, serta metode, teknik dan jenis evaluasi yang akan digunakan. Dari segi aspek yang dinilai, tujuan, metode/teknik evaluasi maupun instrumen tes telah diupayakan dengan baik, namun instrumen tes sebagian besar diambilkan dari sumber buku secara tekstual tanpa ada pengembangan. Padahal untuk lebih membangun kreatifitas dan memotivasi siswa dibutuhkan instrumen tes yang lebih bersifat kontekstual.
Kedua, pada tahap pelaksanaan evaluasi pembelajaran Fisika di MAN Pemalang, secara umum berlangsung tidak baik karena tidak sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Untuk mengukur aspek kognitif peserta didik evaluasi dilaksanakan dalam bentuk tes tertulis dan pilihan ganda. Sedangkan Untuk mengukur aspek afektif tes dilakukan dengan pengamatan langsung pada saat proses belajar mengajar.Untuk aspek psikomotor evaluasi dilaksanakan dengan tes praktik yang dilaksanakan di akhir semester. Walaupun keseluruhan pelaksanaan evaluasi sudah sesuai dengan prinsip-prinsip evaluasi, tetapi alat ukur yang digunakan tidak diuji prinsip validitas dan reliabilitasnya. Dalam proses pelaksanaannya untuk mengukur aspek kognitif, afektif, dan aspek psikomotor tidak terdapat keseimbangan di antara ketiganya. Bahkan, untuk aspek psikomotor dan afektif tidak ada lembar penilaian khusus seperti halnya pada aspek kognitif.
Ketiga, Hasil evaluasi pembelajaran Fisika di MAN Pemalang secara keseluruhan menunjukkan baik karena hasil akhir nilai rapor yang diperoleh peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimum yaitu 75. Hal ini menunjukkan bahwa nilai yang diperoleh peserta didik bisa dikatakan sudah menguasai materi dan tujuan pembelajaran Fisika. Adapun hasil dari ulangan harian dan tugas bertujuan untuk mengetahui tingkat pengusaan bahan ajar siswa serta sebagai bahan acuan pendidik untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Sedangkan hasil evaluasi dari mid dan semester digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran selama satu semester, dengan tujuan untuk mengambil keputusan selanjutnya baik sebagai bahan nilai rapor maupun sebagai dasar untuk memperbaiki kinerja pendidik. Hasil evaluasi ini tidak hanya bermanfaat bagi pendidik, melainkan juga bermanfaat bagi peserta didik sebagai dasar untuk meningkatkan prestasi, dan juga berguna bagi orang tua maupun instansi sendiri.
Hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi guru, mahasiswa, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkannya dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 539 Modern physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 16 Dec 2013 06:15
Last Modified: 16 Dec 2013 06:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics