Peningkatan hasil belajar matematika operasi hitung satuan waktu melalui pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas V MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015

Anam, Nurul (2014) Peningkatan hasil belajar matematika operasi hitung satuan waktu melalui pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw pada siswa kelas V MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
133911201_coverdll.pdf - Accepted Version

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911201_bab1.pdf - Draft Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911201_bab2.pdf - Accepted Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911201_bab3.pdf - Accepted Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911201_bab4.pdf - Accepted Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911201_bab5.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
133911201_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode yang digunakan guru matematika di MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak yang belum mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah. Hal ini terlihat dari kesiapan siswa pada saat pembelajaran berlangsung, dan juga hasil belajar siswa MI Islamiyah Bulusari Sayung Demak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 60. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan strategi Active Learning Tipe Jigsaw pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung satuan waktu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Islamiyah Bulusari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) pada kelas V Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Bulusari Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Dalam penelitian ini digunakan satu kelas untuk menerapkan strategi Active Learning Tipe Jigsaw dalam pembelajarn matematika materi operasi hitung satuan waktu yaitu kelas V yang berjumlah 25 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap siklus I dan siklus II. Pada siklus I setelah dilaksanakan tindakan belajar didapatkan nilai belajar 60 % dan rata rata tes akhir 52,8. Sedangkan pada siklus II setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus II hasil belajar siswa terjadi peningkatan, dari 60% meningkat menjadi 76% dan rata-rata tes akhir siswa meningkat menjadi 66,6. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika khususnya materi operasi hitung satuan waktu melalui strategi Active Learning Tipe Jigsaw. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil beljar siswa dalam pembelajaran siklus I dan siklus II.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran koopatif; Hasil belajar; Matematika untuk sekolah dasar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Yulia Romadiastri, S. Si., M. Sc.
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 19 Jun 2015 08:01
Last Modified: 19 Jun 2015 08:01
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4149

Actions (login required)

View Item View Item