Studi eksperimen metode what? so what? now what? dengan metode instan assessment terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi kenampakan alam kelas V MI Miftakhul Ulum Jepara

Untung, Untung (2016) Studi eksperimen metode what? so what? now what? dengan metode instan assessment terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS materi kenampakan alam kelas V MI Miftakhul Ulum Jepara. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (878kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (930kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan kuantitatif dengan teknik analisis komparasi menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V MI Miftakhul Ulum Jepara tahun ajaran 2015/2016. Pengumpulan data menggunakan instrumen test dalam bentuk pilihan ganda. Penelitian ini kelas eksperimen I menggunakan What? So what? Now what? (VA) berjumlah 25 siswa, sedangkan siswa kelas eksperimen II menggunakan Instan Assessment (VB) berjumlah 25 siswa. Siswa kelas VI sebagai kelas uji coba soal. Sebelum instrument test digunakan untuk mendapat data yang objektif terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk pengujian validitas, reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa dari hasil tes yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (post-test) kelompok yang menggunakan What? So what? Now what? adalah 6,72 , sedangkan rata-rata hasil belajar yang menggunakan Instan Assessment adalah 7,33 . berdasarkan hasil uji komparasi (uji t-test) yang diperoleh bahwa t_hitung= 1,779 dan t_tabel = 1,68 dengan taraf nyata sebesar 5% jika t_hitung>t_tabel maka Ha diterima artinya ada perbedaan antara hasil belajar siswa materi pokok Perjuangan Melawan Penjajah Belanda yang pengajarannya menggunakan metode What? So what? Now what? dengan yang menggunakan metode Instan Assessment. Berdasarkan hasil ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan Program Studi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi secara mandiri.

[error in script]
Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Instan assasment; Hasil belajar; Ilmu pengetahuan sosial
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sukasih, M. Ag.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 03 Nov 2016 07:48
Last Modified: 03 Nov 2016 07:48
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6034

Actions (login required)

View Item View Item