Citra wanita muslimah dalam iklan di televisi (analisis semiotika terhadap iklan Sampo Rejoice dan Sampo Sunsilk)

Anita, Anita (2016) Citra wanita muslimah dalam iklan di televisi (analisis semiotika terhadap iklan Sampo Rejoice dan Sampo Sunsilk). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (730kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti pada periklanan yang ditayangkan di televisi. Keberhasilan iklan tidak terlepas dari strategi dan teknik penyampaian pesan. Salah satunya dengan menggunakan wanita sebagai objek dalam iklan. Banyak sekali iklan di televisi yang menjadikan wanita sebagai objek dalam iklan. Visualisasi tentang wanita dalam iklan dimanfaatkan untuk menggaet konsumen di tengah-tengah pasar yang sangat tajam persaingannya. Untuk menjelaskan masalah yang akan diteliti, dijabarkan dua rumusan masalah sebagai berikut, pertama apa makna pesan iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki ? Dan kedua bagaimana wanita muslimah dicitrakan dalam iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna pesan dan bagaimana wanita muslimah dicitrakan dalam iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif interpretatif dengan pendekatan analisis semiotika Roland Barthes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki adalah kedua produk sampo yang mengerti tentang wanita, khususnya wanita berhijab. Iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki memberikan gambaran terkait wanita muslimah. Kedua iklan memberikan asumsi bahwa wanita muslimah adalah wanita yang bertutur kata lembut. Sifat feminim harus ada pada setiap wanita muslimah, karena itulah yang membedakan antara wanita muslimah dengan wanita umum lainnya. Kedua iklan menunjukkan sifat sederhana harus ada pada wanita muslimah. Kedua iklan juga mengasumsikan wanita muslimah bebas berkarya sesuai kemampuan dan kodratnya. Islam tidak melarang wanita beraktifitas di luar rumah. Kesempatan berpartisipasi di luar rumah juga dianjurkan untuk wanita. Iklan sampo Rejoice versi Citra Kirana dan sampo Sunsilk versi Carla Rizki mencitrakan wanita dalam setiap objek iklannya, yaitu citra pigura dan citra pergaulan. Kedua iklan menampilkan pencitraan tentang wanita muslimah yang beragam, akan tetapi dalam kedua iklan sampo tersebut menghasilkan identitas yang sama, yaitu tentang wanita muslimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wanita muslimah; Semiotika; Iklan; Televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Additional Information: Pembimbing: DR. Hj. Siti Sholihati, MA.; Maya Rini handayani, M. Kom.
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 17 Feb 2017 06:58
Last Modified: 17 Feb 2017 06:58
URI: http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6460

Actions (login required)

View Item View Item